Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Outlet Kopiria

Muhammad Hafid Al Rasyid

Abstract


Tujuan penelitian ini membahas pengaruh konflik kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan CV Triditia Jaya outlet Kopiria. Outlet coffee ini memiliki 4 cabang dan berlokasi di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 6 bulan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian penjelasan (expanatory research) dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 30 responden yang mana responden tersebut adalah karyawan outlet Kopiria dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis yang digunakan pada penelitian adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunukan bahwa variabel Konflik Kerja memiliki pengaruh yang siginfikan terhadap variabel Kinerja. Sedangkan variabel Stres Kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kinerja. Kopiria harus selalu berupaya agar terus mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia yang ada. Karyawan senantiasa mencapai key performance indicator yang telah tetapkan oleh Kopiria. Hal ini akan membuat karyawan merasa cukup stabil dan maksimal yang mana akan berujung pada kinerja yang meningkat.


Keywords


Konflik Kerja; Stres Kerja; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Annisa, P. N., & Mustikawati, R. I. (2017). Pengaruh Audit Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Umum Purbowangi. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(1).

Bharata, W., Sumarsono, H., Widyaningrum, P. W., & Choirinnisa, E. (2023). Pengaruh Work Family Conflict Terhadap Stres Kerja Dan Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Wanita Samarinda Di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(1), 73–87.

Borowski, P. F. (2021). Innovative processes in managing an enterprise from the energy and food sector in the era of industry 4.0. Processes, 9(2), 381.

Macke, J., & Genari, D. (2019). Systematic literature review on sustainable human resource management. Journal of Cleaner Production, 208, 806–815.

Marginingsih, R., & Kristiana, K. (2022). Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Melalui Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Dasa Windu Agung. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 112–128.

Pangarso, A., & Susanti, P. I. (2016). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di biro pelayanan sosial dasar sekretariat daerah provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(2), 145–160.

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. Deepublish.

Rachmawati, H., & Suhermin, S. (2017). Pengaruh ROA, EPS, dan Harga Saham Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 6(9).

Raras, B. (2017). Peran Kepala Desa Dalam Menyelesaikan Konflik Pasca Pemilihan Kepala Desa Werot Tahun 2016 di Kecamatan Likupang Selatan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Politico, 7(1).

Snell, S., & Morris, S. (2019). Managing human resources. Cengage Learning.

Sofiati, E. (2021). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai. Ekono Insentif, 15(1), 34–46.

Sulakso, D. R., & Talkah, A. (2020). Manajemen Sumber Daya Aparatur Berbasis Kompetensi (Studi Pada Kantor Kecamatan Sukorejo Kota Blitar). REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 12–20.

Winarno, A. F. (2019). Pengaruh Keselamatan, Dan Kesehatan Kerja, Lingkungan Kerja, Semangat Kerja, Dan Stres Kerja Terhadap Kinarja Karyawan Pt. Maspion I Pada Divisi Maxim Departemen Spray Coating Sidoarjo. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2).

Zafar, M. S., Nauman, M., Nauman, H., Nauman, S., Kabir, A., Shahid, Z., Fatima, A., & Batool, M. (2021). Impact of stress on human body: a review. European Journal of Medical and Health Sciences, 3(3), 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i2.10041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.