MODEL KINETIKA ADSORPSI LOGAM BERAT Cu MENGGUNAKAN SELULOSA DAUN NANAS

NOVI EKA MAYANGSARI, ULVI PRI ASTUTI

Abstract


Limbah industri tekstil yang cukup berbahaya jika langsung dibuang ke lingkungan adalah logam berat Cu. Salah satu cara pengolahan logam berat Cu mengunakan metode adsorpsi. Pemilihan adsorben yang tepat pada proses adsorpsi mampu memberikan efisiensi pengolahan yang tinggi. Adsorben yang digunakan dalam penelitian ini adalah selulosa daun nanas. Alasan pemilihan adsorben ini karena limbah daun nanas ketersediaannya melimpah di Indonesia sehingga cukup mudah didapatkan, selain itu daun nanas memiliki kandungan selulosa yang tinggi yaitu sekitar (69,5-71,5)%. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model kinetika proses adsorpsi logam berat Cu menggunakan adsorben selulosa daun nanas. Proses adsorbsi logam Cu menggunakan pengadukan dengan kecepatan 90 rpm selama 30, 60, 90, 120, dan 150 menit. Hasil penelitian menunjukkan semakin lama waktu kontak proses adsorpsi maka persen removalnya semakin tinggi. Proses adsorpsi pada penelitian ini berlangsung optimum pada waktu kontak 90 menit. Setelah itu proses adsorpsi dievaluasi menggunakan Isoterm Freundlich dan Langmuir. Hasil penelitian menunjukkan proses adsorpsi logam berat Cu mengikuti model isotherm Freundlich dengan nilai N dan Kf masing-masing sebesar -0,81826 dan 13,614. Model isoterm Freundlich digunakan untuk menentukan kinetika adsorpsi logam Cu dengan membandingkan persamaan orde nol, orde satu, orde dua, dan orde tiga. Kinetika adsorpsi penelitian ini mengikuti kinetika orde tiga dengan nilai k3 sebesar 0,00004.


Full Text:

PDF

References


Sanjaya, A. S. dan Agustine, R. P. (2016) 'Studi Kinetika Adsorpsi Pb menggunakan Arang Aktif dari Kulit Pisang', Konversi, 4(1).

Apriani, N. (2018) 'Industri Batik: Kandungan Limbah Cair dan Metode Pengolahannya', Media Ilmiah Teknik Lingkungan, Februari, p. 21-29.

Astari, Ayu, M. dan Utami, B. (2018) 'Uji Daya Adsorpsi Adsorben Kombinasi Sekam Padi dan Bagasse Fly Ash untuk Menyerap Logam Cu pada Sistem Batch', Surakarta, Biology Education Conference.

Danish, M., Tanweer, A., Shahnaz, M., Mehraj, A., Lou, Z., Zhou Pin, dan S. M. S. Iqubal (2018) 'Use of Banana Trunk Waste as Activated Carbon in Scavenging Methylene Blue Dye: Kinetic, Thermodynamic, and Isotherm Studies', Bioresource Technology.

Hermawan, I. (2011), 'Analisa Dampak Kebijakan Makroekonomi terhadap Perkembangan Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia', Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.

Hidayat, P. (2008) 'Teknologi Pemanfaatan Serat Daun Nanas sebagai Alternatif Bahan Baku Tekstil', Teknokin, 13(2).

Irmanto & Suyata (2010) 'Optimasi Penurunan Nilai BOD, COD dan TSS Limbah Cair Industri Tapioka Menggunakan Arang Aktif dari Ampas Kopi', Molekul, 5, p. 22-32.

Kundari, N. A. dan Wiyuniati, S. (2008) 'Tinjauan Kesetimbangan Adsorpsi Tembaga dalam Limbah Pencuci PCB dengan Zeolit', Seminar Nasional IV SDM Teknologi Nuklir.

Mahfuza, Y. (2005) 'Proses Oksidasi Lanjutan (Advanced Oxidation Process) sebagai Pra Pengolahan Air Limbah Industri Tekstil dalam Upaya Pengendalian Pencemaran Air', Medan: Tesis Pasca Sarjana, Prodi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Universitas Sumatera Utara.

Martell, A. E. dan Hancock, R. D. (1996) 'Metal Complexes in Aqueose Solution'. New York: Plenum Press.

Martina , D., Hastuti , R. dan Widodo , D. S. (2016) 'Peran Adsorben Selulosa Tongkol Jagung (Zea Mays) dengan Polivinil Alkohol (PVA) untuk Penyerapan Ion Logam Timbal (Pb2+)', Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi, 19 (3), p. 77 – 82.

Matouq, M., Nina, J., Mohammed, Q., Muna, H., Maha, Q., dan Al Syouf (2015) 'The Adsorption Kinetics and Modeling for Heavy Metals Removal from Wastewater by Moringa pods', Journal of Enviromental Chemical Engineering, 3, p. 775-784.

Mayangsari, N. E., Apriani, M. dan Veptiyan, E. D. (2019) 'Pemanfaatan Limbah Daun Nanas (Ananas Comosus) sebagai Adsorben Logam Berat Cu', Journal of Research and Technology, 5(2).

Nafi’ah, R. (2016) 'Kinetika Adsorpsi Pb (II) dengan Adsorben Arang Aktif dari Sabut Siwalan', Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, 1(2).

Kementerian Pertanian (2016) 'Outlook Komoditas pertanian sub Sektor Hortikultura – Nenas', Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal.

Purnama, Ningsih, D. A. dan Said, I. (2016) 'Adsorpsi Logam Timbal (Pb) Dari Larutannya Dengan Menggunakan Adsorben Dari Tongkol Jagung', Akad.Kim, Issue 5.

Safrianti, I., Wahyuni, N. dan Zaharah, T. A. (2017) 'AdsorpsiTimbal (II) Oleh Selulosa Limbah Jerami Padi Teraktivasi Asam Nitrat: Pengaruh pH dan Waktu Kontak', Kimia Khatulistiwa, 1(1), p. 1-7.

Singh, S., Verma, L. K., Sambi, S. S. dan Sharma, S. K. (2008) 'Adsorption Behaviour of Ni (II) from Water onto Zeolite X: Kinetics and Equilibrium Studies', Proceedings of the World Congress on Engineering and Computer Science.

Takarani, P., Novita, S. F. dan Fathoni, R. (2019) 'Pengaruh Massa dan Waktu Adsorben Selulosa dari Kulit Jagung Terhadap Konsentrasi Penyerapan', Prosiding Seminar Nasional Teknologi V.

Zian, Ulfin, I. dan Harmani (2016) 'Pengaruh Waktu Kontak pada Adsorpsi Remazol Violet 5R Menggunakan Adsorben Nata de Coco', Sains dan Seni ITS, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/cmg.v5i1.5477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Program Studi Teknik Kimia

Fakultas Teknik

Universitas Mulawarman

Jalan Sambaliung - No. 9 Sempaja Selatan

Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Kode Pos. 75117 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.