PEMBUATAN SABUN CAIR DARI MINYAK KELAPA SAWIT DAN KOH DENGAN REAKSI SAPONIFIKASI DENGAN METODE PROSES PANAS

ade malik putra, Virgi Achyar Maulana, Ahmad Moh. Nur, Hairul Huda

Abstract


Sabun merupakan produk non pangan yang digunakan sebagai pembersihan. Proses pembuatan sabun melibatkan reaksi kimia antara basa alkali KOH dan asam lemak dari minyak kelapa sawit yang disebut saponifikasi. Metode pembuatan sabun yang paling singkat adalah proses panas. Pada penelitian ini dilakukan percobaan pembuatan sabun menggunakan minyak kelapa sawit dengan metode proses panas lalu melakukan variasi KOH dan waktu pemanasan yang terbaik. Hasil dari penelitian ini akan diuji dengan parameter SNI Tentang Syarat Mutu Sabun. Hasil yang didapat dari penelitian ini KOH 40% b/b dengan waktu pemanasan 2 jam memiliki bentuk cair, dengan bau yang khas, warna kuning, memilik pH 9, nilai rendemen 94% dan viskositas 14,52755

 


Full Text:

PDF

References


Amelia, R.E., Hasibuan, R. & Irvan (2023) ‘Pemanfaatan Tandan Pisang Kepok sebagai Sumber Alkali pada Pembuatan Sabun Cair’, Jurnal Teknik Kimia USU, 12(1), pp. 18–23. Available at: https://doi.org/10.32734/jtk.v12i1.5383.

Antonius (2021) ‘Reaksi Saponifikasi Asam Palmiat’.

Khusaimah, S. ‘PEMBUATAN SABUN PADAT DARI MINYAK GORENG BEKAS DITINJAU DARI KINETIKA REAKSI KIMIA’.

Rachmawati, M. & Dewajani, H. (2022) ‘PEMBUATAN SABUN MANDI CAIR DARI MINYAK KELAPA SAWIT DENGAN METODE HOT DAN COLD PROCESS’, 8.

Saputra, H., Dermawan, Y. & Wati, S.L. (2019) ‘Sabun Cair Berbahan Dasar Olein Kelapa Sawit dengan Penambahan Ektrak Bandotan (Ageratum conyzoides L.)’, Jurnal Citra Widya Edukaasi, 11.

Widyasanti, A., Farddani, L.C. & Rohdiana, D. (2016) ‘PEMBUATAN SABUN PADAT TRANSPARAN MENGGUNAKAN MINYAK KELAPA SAWIT (Palm oil) DENGAN PENAMBAHAN BAHAN AKTIF EKSTRAK TEH PUTIH (Camellia sinensis)’, 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/cmg.v8i1.15446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Teknik Kimia

Fakultas Teknik

Universitas Mulawarman

Jalan Sambaliung - No. 9 Sempaja Selatan

Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Kode Pos. 75117 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.