Ketakutan Akan Kehilangan Momen (FoMo) Pada Remaja Kota Samarinda

Rizki Setiawan Akbar, Audry Aulya, Adra A psari, Lisda Sofia

Abstract


Sebagai generasi yang tumbuh dalam era kemajuan internet dan digital, remaja generasi milenial merupakan remaja yang selalu terhubung satu sama lain. Tingginya tingkat penggunaan media sosial pada remaja tersebut membuat mereka menjadi kelompok yang paling terpapar oleh apa yang dilakukan teman, kera-bat dan keluarganya. Hal tersebut memicu mereka untuk terus terhubung dengan apa yang sedang dilakukan oleh orang lain melalui dunia maya sehingga menimbulkan kegelisahan pada diri mereka dan berujung pada sebuah ketakutan, yaitu ketakutan untuk kehilangan momen. Fenomena tersebut disebut dengan FoMO (Fear of Missing Out). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketakuan akan kehilangan momen (FoMo) pada remaja awal di kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara skala FOMO. Subjek dan informan penelitian ini sebanyak 8 orang yaitu remaja yang mengalami ketakutan akan kehilangan moment berdasarkan skala FOMO yang telah diisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketakutan akan kehilangan momen pada remaja awal kota Samarinda muncul karena tidak terpenuhinya kebutuhan psikologis akan relatedness dan self, yaitu individu yang tidak memiliki kedekatan dengan orang lain dan merasa kurang nyaman atau tidak dapat memenuhi keinginan dirinya sendiri.

Keywords


remaja awal, fear of missing out (fomo), remaja.

Full Text:

PDF

References


Abel, J. P. (2016). Social Media and the Fear of Missing Out. Scale Development and Assessment. Journal of Business & Economics Research – First Quarter, 14 (1): 47-65.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pen-dekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chris, B. (2010). Social Media: Tactic and Tips to Develop Your Business Online. John Willey & Sons.

Creswell, W. J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dailey, P. R. (2009). Social Media: Finding Its Way into Your Business Strategy and Culture. Burlington: Linkage.

Gay, L. R., Mills, G. E. & Airasian, P. W. (2011). Ed-ucational Research: Competencies for Analysis and Applications, Tenth Edition. Pearson, New Jersey.

Herman, D. (2012). Buku Ajar asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta : Nuha Medika.

Hetz, P. R., Dawson, C. L., & Cullen, T. A. (2015). Social Media Use And The Fear Of Missing Out (Fomo) While Studying Abroad. Journal of Research on Technology in Education. 47(4) : 259-272.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: .GP Press.

Kristanto, A. (2011). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kuali-tatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Poerwandari. (2013). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: LPSP3 UI.

Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHan, C. R, & Gladwell, V.(2013). Motivational, Emotional and Behavioural Correlates of Fear of Missing Out. Computer in human behavior. 29(4) : 1841-1848.

Spradley, J. P. (2007). Metode Etnografi Edisi II. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Subana, M. dan Sudrajat. (2009). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumini.(2018). Neuro-Lingusitic Programming (Nlp) Based Counseling Sebagai Solusi Untuk Mereduksi Efek Fomo (Fear Of Missing Out Pada Kecanduan Media Sosial. Jurnal Bimbingan Konseling. 7(1): 109-116.

Tresnawati, F.R. (2016). Hubungan antara The Big Five Personality Traits Dengan Fear Of Missing Out Abaut Social Media pada Mahasiswa. Intuisi: Jurnal Ilmiah Psikologi. 8(3):179-185.

Yin, R. K. (2014). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta.: Rajawali Pers.

Yuliawan, T.P. (2010). NLP: The Art of Enjoying Life. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zarella. (2010). The Social Media Marketing Book. Oreilly Media. USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v7i2.2404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id