Perancangan Sistem Informasi Dalam Rangka Strategi Pemasaran Digital Dengan Pendekatan Marketing Mix’s

Sutrisno Sutrisno, Mei Lestari, Irwan Agus

Abstract


Pemasaran adalah sarana yang digunakan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual. Sedangkan pemasaran digital (digital marketing) merupakan suatu keadaan dimana pemasar harus menguasai tiga hal dari konsumen yaitu pikiran, hati dan semangat mengacu kepada pemasaran yang bersifat elektronik berbasis internet. Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus adalah bagaimana merancang strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan bisa menambah jumlah pengunjung desa wisata Sade sebagai penggerak perekonomian. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjawab ketertarikan peneliti terhadap komunikasi pemasaran digital yang dilakukan masyarakat pengelola desa wisata berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Lombok Tengah untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data yang bertujuan membuat deskriptif secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode SWOT dengan pendekatan marketing mix’s 7P. Pada tahap akhir dikembangkan sistem informasi desa wisata Sade berbasis web yang digunakan sebagai sarana kumunikasi pemasaran digital.

Keywords


Sistem Informasi; Pemasaran Digital; Marketing Mix's; Desa Wisata

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y Z. 2015. “Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasi.”.Bandung : CV Pustaka Setia.

Aida, N R. 2019. “6 Hal Unik dan hanya Ada di desa Sade.” Diakses 19 Agustus 2022. https://travel.kompas.com/read/2019/05/09/050500027/6-hal-unik-dan-hanya-ada-di-desa-sade-lombok

Bungin, Burhan. 2011. “Penelitian Kualitatif.” Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Fitriyah, Any Tsalasatul, and Mohamad Syafi. 2022. “Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak.” Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(1):1–12.

Herdi A, et al. 2018. “Pengembangan Strategi Public Relations Menggunakan Pendekatan Marketing Mix Dan Sostac Terhadap Produk Pariwisata (Studi Kasus: Pariwisata Belitung).” Jurnal Komunikasi, vol. 3, no. 2.

Hutauruk, Agusmanto, and Ropinus Sidabutar. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif.” SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied 2(1):45–51.

Joseph, T. 2011. “APPS The Spirit of Digital Marketing 3.0.” Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo. pp. 32.

Kertajaya, Hermawan & Setiawan. 2014.

“WOW Marketing”. Jakarta: Penerbit

PT. Erlangga Pustaka Utama.

Kotler, P dan Kevinlane K. 2012. “Marketing Management.” International edition. 12 edition. Pearson Publised. Pp. 498.

Kotler & Amstrong. 2018 “Marketing Management.” International edition. Pearson Publised. Pp. 79.

Kurniati, A W. 2018. “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.” Jurkom, vol. 1, no. 1, pp.180-190.

Maulana, Y. 2017. “Yuswohady: UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital.” Diakses 29 September 2022 http://swa.co.id/swa/csrcorner/yuswo

hady-ukm-harusmanfaatkan perkembangan-digital.

Qorimah, Esti Nur, and Sutama Sutama. 2022. “Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognotif.” Jurnal Basicedu 6(2):2055–60.

Ri’aeni, I. 2018. “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Produk kuliner tradisional.” Lugas jurnal komunikasi vol 1, No.2, p 141-149.

Ria. 2022. “Gus Halim: Desa Wisata Motor Ekonomi Desa usai Pasca covid-19.” Diakses 29 September 2022. https://www.kemendesa.go.id/berita/view/detil/4344/gus-halim-desa-wisata-motor-ekonomi-desa-usai-pasca-covid-19

Sugiyama.K, & Andree. T. 2011. “The Dentsu way: Secrets of Cross Switch Marketing from world Most Innovative Advertising agency.” New Yoerk, Mcg raw Hill, pp. 156.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung : Alfabeta.

Tan, Aulira M.; Martha Tri Lestari & Dini Salmiyah Fithrah Ali. 2016. “Respon Konsumen pada Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga Di Kawasan Wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan.” e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2 p 2631.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v18i1.8890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.