Sistem Pelayanan Pasien Berbasis Website di Puskesmas Gayam Sumenep

Ach Zaini, M. Fadhilur Rahman, Syaiful Syaiful

Abstract


Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan yang komprehensif, kuratif, dan rehabilitatif yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Puskesmas merupakan unit teknis yang lebih murah, baik dari segi biaya maupun lokasi, tersebar di setiap kecamatan dan berperan penting sebagai ujung tombak dalam sistem pelayanan kesehatan (Kemenkes RI 2016). Saat ini sistem pelayanan rekam medis pasien masih menggunakan cara manual yakni mencatat di buku yang menyebabkan pelayanan lama dan tidak efektif. Salah satu puskesmas yang tidak menggunakan sistem pelayanan pasien terkomputerisasi ini adalah puskesmas Gayam Sumenep “Sepudi” yang mana puskesmas ini menjadi pusat pelayanan satu – satunya di kecamatan gayam pulau sepudi karena keterbatasan media pelayanan. Sehingga pelayanan puskesmas yang di berikan masih kurang optimal dan berpengaruh pada tingkat pelayanan kesehatan. Dalam perkembangan tekhnologi sistem pelayanan kesehatan pasien akan di buatkan sebuah sistem yang berbasis web. Sehingga puskesmas dapat memberikan pelayanan dengan cepat dan lebih efektif. Dan akan mempermudah Tenaga Kesehatan dalam mencatat rekam medis pasien. Pengujian eksternal dilakukan untuk menguji aplikasi terhadap pengguna secara langsung. Peneliti menggunakan perhitungan kuesioner dengan skala Likert yang diaplikasikan dalam bentuk angket dan survei, dengan tujuan untuk mengukur pandangan, sikap, dan pendapat pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil kuesioner dengan perhitungan mengunakan metode skala likert diperoleh nilai presentasi sebesar 86,67%, yang artinya Sistem Pelayanan Pasien di Puskesmas Gayam ini sangat baik dan layak untuk digunakan.


Keywords


Website, Digitalisasi, Sistem Pelayanan Puskesmas.

Full Text:

PDF

References


Amar, W. K. (2020). Sistem Persewaan Peralatan Multimedia Yogyakarta (Mt Print).e-prints: Akakom.

Amelia, O. (2021). Analisis Kualitas Produk, Desain, Dan Karakteristik Terhadap Minat Beli Rumah Pada Pt Sumut Citra Tiara Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 8 - 21.

Andre. (2019, Juli 22). Dunia Ilkom. Retrieved from Pengertian dan Fungsi PHP dalam Pemrograman Web: https://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman-web/

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal TEKNOINFO, 30-37.

Hendrayani, I. L. (2016). Pembangunan Sistem Rekomendasi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Metode User-Based Collaborative Filtering. E-journal uajy.

Mubarak, M. V., & Hermawaty. (2017). Perancangan Sistem Informasi Katalog Skripsi Perpustakaan STMIK AMIKBANDUNG Berbasis Web. urnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer , 71-76.

Sanah, N. (2017). Pelaksanaan Fungsi Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kecamatan Long Kali. Journal Ilmu Pemerintahan, 305-314.

Santari, M. (2020). Implementasi Virtual Private Network Untuk Meningkatkan Keamanan Jaringan Pada SMPN 6 Palopo. Universitas cokroaminoto palopo.

Sovia, R., & Febio, J. (2017). Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan Html, PHP Script, dan Mysql Database. Jurnal Processor, 38 - 54.

Syifani, D., & Dores, A. (2018). Aplikasi Sistem Rekam Medis Di Puskesmas Kelurahan Gunung. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer, 22 - 31.

Tupan , M. (2019). Desain Pemasaran Online Berbasis Web Untuk Pemasaran Produk Kerajinan Kerang Mutiara di Kota Ambon (Studi Kasus: Pondok Mutiara). Seminar Nasional “Archipelago Engineering”, 158 - 166.

Widodo, A. A., & Mizdram, M. (2019). Sistem pendukung keputusan kenaikan jabatan menggunakan metode profile matching (studi kasus: pt. Metsuma anugrah graha). Jurnal MNEMONIC, 18 - 23.

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2019). Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikas, 273 - 276.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v17i2.6140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.