Pengembangan Game Adventure of Utan Menggunakan Challenge Cadence Skill-Theme

Heliza Rahmania Hatta, Muhammad Nur Fahmi, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Orangutan kalimantan (pongo pygmaeus) merupakan spesies kera besar yang menghuni di pulau kalimantan, habitat orangutan kalimantan sendiri berada di hutan dan lahan gambut, namun seiring waktu habitat orangutan mulai berkurang karena pembukaan lahan untuk industri kelapa sawit, pembangunan infrastruktur, perumahan untuk rakyat, orangutan sering dianggap hama oleh petani kelapa sawit dikarenakan sering memakan buah kelapa sawit yang sudah memasuki masa panen sehingga orangutan sering diburu, dibunuh, atau diperjual belikan dipasar gelap. Atas dasar inilah dibangun sebuah game yang memperkenalkan kembali satwa orangutan kalimantan kepada masyarakat umum kedalam game “Adventure of Utan” berbasis Android . Game “Adventure of Utan” merupakan game platforming side scrolling, yang dibangun menggunakan Construct 2 sebagai game engine, dan CCST (Challenge Cadence Skill-Theme) sebagai dasar membangun level. CCST merupakan dasar pengembangan level didalam game yang bergenre platformer, penggunaan CCST sendiri terletak pada pelevelan yang meliputi NPC, rintangan, skoring, dan penalty. Game Adventure of Utan telah dilakukan pengujian secara fungsional untuk mengetahui apakah game berjalan dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai media pengenalan satwa orangutan kalimantan kepada masyarakat umum.

Keywords


Orangutan Kalimantan; Game; Android; CCST

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. D. (2017). Kerangka Analisis Komponen Konsep Dan Desain Game. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, III(2), 86–95. https://core.ac.uk/download/pdf/233939663.pdf

Baskoro, R. G., Kridalaksana, A. H., & Hatta, H. R. (2016). Membangun game simulasi “best driver ” dengan metode fuzzy tsukamoto berbasis multiplatform. 1(7), 1–9.

Freund, C., Rahman, E., & Knott, C. (2017). Ten years of orangutan-related wildlife crime investigation in West Kalimantan, Indonesia. American Journal of Primatology, 79(11), 1–11. https://doi.org/10.1002/ajp.22620

Holleman, & P. (2019). Reverse design - Super Mario world.

Maharani, S., Hatta, H. R., & Selvyani, F. A. (2016). Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace. JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 8(1), 56. https://doi.org/10.20895/infotel.v8i1.52

Minkkinen, T. (2016). Basics of Platform Games. In Kajaanin Ammattikorkeakoulu.

Misnawati, I. T. (2013). Strategi Komunikasi Pada Kampanye Perlindungan Orangutan Oleh Lsm Centre for Orangutan Protection (Cop) Di Samarinda, Kalimantan Timur. EJournal Ilmu Komunikasi, 1(4), 135–149. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/11/JURNAL SAYA (11-12-13-09-15-24).pdf

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (2019). Reverse Design: Half-life.

Sherman, J., Ancrenaz, M., & Meijaard, E. (2020). Shifting apes: Conservation and welfare outcomes of Bornean orangutan rescue and release in Kalimantan, Indonesia. Journal for Nature Conservation, 55(January), 125807. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125807

Wibawanto, W. S. S. M. D. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif - Wandah Wibawanto, S.Sn. M.Ds. - Google Books (Issue February).

Wuryandari, A., & Akmaliyah, M. (2016). Game Interaktif Mencegah Terjadinya Pemanasan Global Untuk Anak. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(1), 311. https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.520




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v16i1.5265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.