Augmented Reality Marker Based Tracking Kayu Bahan Baku Kerajinan Khas Kalimantan Timur

Muhammad Bambang Firdaus, Joan Angelina Widians, Rozy Rivaldi

Abstract


Kayu Kalimantan telah dikenal luas dan diperdagangan karena memiliki kayu yang berkualitas bagus, baik untuk bahan dasar bangunan maupun untuk kegunaan lain. Dari 120 jenis kayu yang telah diperdagangkan, beberapa diantaranya endemic atau asli dari Kalimantan. Beberapa jenis kayu yang endemic atau banyak berasal dari Kalimantan diantaranya adalah kayu sengon, kayu jati, kayu merbabu, kayu ulin, kayu mentibu, kayu meranti, kayu putat, dan kayu cempaka. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah aplikasi untuk memberikan informasi atau sosialisasi mengenai bidang kehutanan yang berfokus pada penggolongan dan pemanfaatan kayu khas Kalimantan Timur. Tujuan penelitian tersebut dapat dicapai melalui penggabungan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat menambahkan objek virtual kedalam lingkungan nyata dan teknologi mobile Android yang dimiliki hampir setiap lapisan masyarakat. Metode AR yang digunakan adalah Marker Based Tracking dikarenakan metode ini tidak memerlukan spesifikasi dan performa yang tinggi dari perangkat Android milik pengguna. Hasil pengujian perangkat menunjukan aplikasi yang dibuat dapat berjalan lancar dan cocok digunakan pada versi Android 6.0 keatas dengan aspek rasio layar 16:9. Sementara Hasil pengujian marker menunjukan kualitas marker yang dibuat tergolong baik karena dapat tetap terbaca walaupun marker tersebut terlipat, basah dan di-print dengan ukuran kertas A4 dan F4.


Keywords


Augmented Reality, Unity, Vuforia, Android, Marker Based Tracking

Full Text:

PDF

References


S. among P. Abdurahim Martawijaya, Iding Kartasujana, Kosasi Kadir, “Atlas_Kayu_Jilid_I_Final-Compres.pdf.” 2005.

R. Effendi, “Kayu Ulin di Kalimantan: Potensi, Manfaat, Permasalahan dan Kebijakan yang Diperlukan untuk Pelestariannya,” J. Anal. Kebijak. Kehutan., vol. 6, no. 3, pp. 161–168, 2009.

OECD, Tourism and Creative Economy: OECD Studies on Tourism. 2014.

S. T. Wu and B. W. Lee, “An innovative way of guided tour: A virtual experience of dark tourism,” Proc. 2017 IEEE Int. Conf. Information, Commun. Eng. Inf. Innov. Mod. Technol. ICICE 2017, pp. 208–210, 2018, doi: 10.1109/ICICE.2017.8479267.

P. Sommerauer and O. Müller, “Augmented reality in informal learning environments: A field experiment in a mathematics exhibition,” Comput. Educ., vol. 79, no. 2014, pp. 59–68, 2014, doi: 10.1016/j.compedu.2014.07.013.

B. Cahyono, M. B. Firdaus, E. Budiman, and M. Wati, “Augmented Reality Applied to Geometry Education,” 2018 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 299–303, 2018.

N. Dengen, H. S. Pakpahan, G. F. Putra, M. B. Firdaus, R. Wardhana, and A. Tejawati, “An Augmented Reality Model Physical Transformation Learning,” ICEEIE 2019 - Int. Conf. Electr. Electron. Inf. Eng. Emerg. Innov. Technol. Sustain. Futur., pp. 255–259, 2019, doi: 10.1109/ICEEIE47180.2019.8981444.

C. Koch, M. Neges, M. König, and M. Abramovici, “Natural markers for augmented reality-based indoor navigation and facility maintenance,” Autom. Constr., vol. 48, pp. 18–30, 2014, doi: 10.1016/j.autcon.2014.08.009.

M. B. Firdaus, J. A. Widians, and J. Y. Padant, “Augmented reality for interactive promotion media at Faculty of Computer Science and Information Technology Mulawarman University,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1341, no. 4, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1341/4/042017.

M. B. Firdaus, E. Budiman, joan angelina Widians, novel maringan Sinaga, S. Fadli, and F. Alameka, “Augmented Reality for Office and Basic Programming Laboratory Peripheral,” 2018 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 41–45, 2018.

U. M. W. Wahyudi, H. Wibawanto, and W. Hardyanto, “Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality untuk Desain Interior dan Eksterior,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 98–107, 2017, doi: 10.15294/ijcet.v6i2.19337.

A. Suhendar and A. Fernando, “Aplikasi Virtual tour Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Autodesk 3Ds Max,” ProTekInfo, vol. 3, no. 1, pp. 30–35, 2016.

Dedynggego, Mohammad, and Moh.Affan, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira,” J. Elektron. Sist. Inf. Dan Komput., vol. 1, no. 2, pp. 45–60, 2015.

J. Kascak, M. Teliskova, J. Torok, P. Baron, J. Zajac, and J. Husar, “Implementation of Augmented Reality into the Training and Educational Process in Order to Support Spatial Perception in Technical Documentation,” 2019 IEEE 6th Int. Conf. Ind. Eng. Appl. ICIEA 2019, pp. 583–587, 2019, doi: 10.1109/IEA.2019.8715120.

N. S. Podzharaya and A. S. Sochenkova, “The virtual museum development with the use of intelligent and 3d technologies on the basis of the Maritime museum in Kotor,” 2018 23rd Int. Sci. Conf. Inf. Technol. IT 2018, vol. 2018-Janua, pp. 1–4, 2018, doi: 10.1109/SPIT.2018.8350845.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v16i1.4994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.