Prediksi Jumlah Penduduk Miskin Kalimantan Timur Menggunakan Single dan Double Exponential Smoothing

Herman Santoso Pakpahan, Yuniarta Basani, Rahmawati Rina Hariani

Abstract


Kemiskinan erat kaitannya dengan proses pembangunan, jika jumlah kemiskinan tinggi maka dapat menghambat pembangunan ekonomi, jadi diperlukan peramalan untuk mengetahui jumlah kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur yang berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah dalam pengambilan keputusan sebelum terjadinya peningkatan jumlah kemiskinan di tahun yang akan datang. Peramalan kemiskinan ini berdasarkan data aktual dalam kurun waktu 9 tahun yaitu dari tahun 2010 sampai tahun 2018 menggunakan metode Single Exponential Smoothing (SES) dan Double Exponential Smoothing Brown dan Holt dengan nilai α (alpha) dan β (beta) 0,1 sampai dengan 0,9 sebagai parameter pemulusan. Metode akurasi yang digunakan yaitu Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk menghitung persentase error dengan menggunakan nilai α (alpha) dan β (beta). Hasil terbaik tahun 2019 untuk data kemiskinan pada metode Single Exponential Smoothing dengan nilai α (alpha) 0,9 sebesar 440.905 jiwa dengan MAPE 10,94%. Hasil terbaik untuk metode Double Exponential Smoothing Brown dengan nilai α (alpha) 0,5 sebesar 438.195 jiwa dengan MAPE 14,90% dan hasil terbaik untuk metode Double Exponential Smoothing menurut Holt dengan nilai α (alpha) 0,9, β (beta) 0,8 sebesar 448.474 jiwa dengan MAPE 14,81%. Jadi, hasil peramalan metode yang baik yaitu Single Exponential Smoothing dan Double Exponential Smoothing Holt untuk data Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur.

Keywords


Kemiskinan, Prediksi, Single, Double Exponential Smoothing, Holt, Brown, MAPE

Full Text:

PDF

References


Edited




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v15i1.3180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.