Prototipe Sistem Cerdas Dalam Menentukan Topik Skripsi Menggunakan Fuzzy AHP di Universitas Muhammadiyah Pontianak

Asrul Abdullah, Sucipto Sucipto

Abstract


Proses akhir menuju sarjana adalah setiap mahasiswa diharuskan membuat artikel ilmiah dalam bentuk buku yang diberi nama skripsi. Untuk dapat membuat skripsi, setiap mahasiswa harus mengambil berbagai macam mata kuliah penunjang dan pendukung dalam pembuatan skripsi. Berbagai mata kuliah yang telah diambil oleh mahasiswa harusnya dapat memberikan inspirasi atau ide untuk dijadikan topik skripsi sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Pemilihan topik skripsi menjadi salah satu tahapan yang sulit dalam penyusunan skripsi. Hal ini dikarenakan masih banyak mahasiswa yang belum memahami dan mengetahui minat dan kemampuannya terhadap salah satu mata kuliah yang nantinya dijadikan sebagai topik dalam penyusunan skripsi. Fokus dari penelitian ini adalah sebuah prototipe sistem cerdas yang dibuat untuk membantu memberikan keputusan kepada mahasiswa dalam menentukan topik skripsi menurut minat dan kemampuan yang dimilikinya. Metode perancangan perangkat lunak yang digunakan adalah waterfall dimulai dari perencanaan sistem, perancangan prototipe, implementasi prototipe, pengujian prototipe dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan prototipe memberikan rekomendasi topik skripsi sesuai dengan minat dan kemampuan mahasiswa. Bobot paling besar ada pada mahasiswa A2 untuk minat Jaringan Komputer sebesar 0.916 sedangkan bobot paling kecil ada pada mahasiswa A1 pada minat Multimedia sebesar 0.052.


Keywords


skripsi; topik skripsi; fuzzy; fuzzy AHP;

Full Text:

PDF

References


Da-Yong Chang. (1996). Applications of the extent analysis method on fuzzy AHP. European Journal of Operational Research, 95(3), 649–655.

Faisol, A., Muslim, M. A., & Suyono, H. (2014). Komparasi Fuzzy AHP dengan AHP pada Sistem Pendukung Keputusan Investasi Properti. Jurnal EECCIS, 8(2), 123–128.

Fajri, M., Putri, R. R. M., & Muflikhah, L. (2018). Implementasi Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP) Dalam Penentuan Peminatan di MAN 2 Kota Serang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(5), 2109–2117.

Hardi, R. (2014). Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Fuzzy Ahp Dalam Penentuan Penerimaan Beasiswa. In Simposium Nasional RAPI XII (pp. 177–183).

Khazari, A. S., Marisa, F., & Wijaya, I. D. (2017). Sistem Rekomendasi Penentuan Judul Skripsi Menggunakan Algoritma Decision Tree. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 3(1), 123–127.

Monalisa, S., & Setiawan, R. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pembiayaan Murahabah dengan Fuzzy Analytic Hierarchy Process. Techno.COM, 18(2), 178–189.

Panggali, R. R., Marisa, F., & Purnomo, D. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Judul Skripsi Jurusan Teknik Informatika Menggunakan Metode Topsis. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(1), 16–27.

Putra, M. S. D., Andryana, S., Fauziah, & Gunaryati, A. (2018). Fuzzy Analytical Hierarchy Process Method to Determine the Quality of Gemstones. Advances in Fuzzy Systems, 2018, 1–6.

Salahuddin, & Hartati, S. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Supplier Jeruk Pontianak Berbasis Fuzzy-AHP. IJCCS, 6(1), 67–78.

Santoso, A., Rahmawati, R., & Sudarno. (2016). Aplikasi Fuzzy Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Prioritas Pelanggan Berkunjung Ke Galeri (Studi Kasus di Secondhand Semarang). JURNAL GAUSSIAN, 5(2), 239–248.

Saputra, F. P., Hidayat, N., & Furqon, M. T. (2018). Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) Untuk Menentukan Besar Pinjaman Pada Koperasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1761–1767.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v15i2.2917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.