Klasifikasi Dan Pencarian Buku Referensi Akademik Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) (Studi Kasus: Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur)

Agus Setiawan, Indah Fitri Astuti, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Buku merupakan salah satu elemen penunjang dalam proses belajar mengajar, baik itu di sekolah maupun perguruan tinggi. Salah satu tempat yang menyediakan akses untuk mendapatkan buku tersebut adalah Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Kebanyakan penggunjung sulit mendapatkan buku referensi yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal itu dikarenakan kurangnya fasilitas yang dapat mengklasifikasi buku-buku tersebut sesuai dengan kategorinya. Klasifikasi buku merupakan proses pengelompokkan buku sesuai dengan kategori yang dimilikinya. Sebuah buku dapat dikelompokkan ke dalam kategori tertentu berdasarkan kata-kata yang terkandung pada judul buku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi klasifikasi dan pencarian buku yang dapat mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan pengkategorian dan pencarian buku dengan lebih mudah dan akurat. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan menggunakan metode Naïve Bayes Classiffier (NBC). Kategori buku yang digunakan ada lima, yaitu: pemrograman komputer, jaringan komputer, database komputer, multimedia, dan sistem operasi. Dengan mengimplementasikan metode NBC dan kelima kategori tersebut, maka dihasilkan sebuah aplikasi klasifikasi dan pencarian di Perpustakan Daerah Provinsi Kalimantan Timur.


Full Text:

PDF

References


Even, Y and Zohar. 2002. Introduction to Text Mining. National Center for Supercomputing Applications University of Illinois. Chicago.

McCallum, A and Nigam, K. 1998. A Comparison of Event Models for Naive Bayes Text Classification. Journal of Carnegie Mellon University. Pittsburgh.

Samodra. 2009. Klasifikasi Dokumen Teks Berbahasa Indonesia dengan Menggunakan Naïve Bayes. Prosiding Seminar Nasional

Electrical, Informatics, and It’s Educations. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Suhartono, E. 2013. Sistem Klasifikasi Dan Pencarian Dokumen Teks dengan Algoritma Naïve Bayes Classifier Dan Vector Space Model. Thesis Program Studi Megister Sistem Informasi Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v10i1.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.