Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Untuk Mendukung Proses Pembelajaran

Dewi Rosita, Ikhmawati Ikhmawati, Merlin Merlin, Suriaty Suriaty

Abstract


Penggunaan smartphone bisa dijadikan kontribusi dalam melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Inovasi tersebut adalah mengembangan media pembelajaran interaktif  berbasis mobile learning. Terkait dengan hal tersebut, penulis  mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile learning dalam upaya menjadikan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan khusunya pada mata pelajaran Peniddikan Agama Islam pada Sekolah Menegah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan HTLL dengan tema Teknologi Ramah Lingkungan, dimana Memuat perlunya teknologi tepat guna atau ramah lingkungan di dalam eksplorasi, pemanfaatan dan penggunaan teknologi di lingkungan/wilayah hutan hujan tropis Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana mengembangkan mobile learning berbasis Android menggunakan microsoft powerpoint add-ins i-spring suite untuk mendukung proses pembelajaran 2) implementasi untuk menguji kelayakan  mobile learning berbasis Android menggunakan microsoft powerpoint add-ins i-spring suite untuk mendukung proses pembelajaran. Pengembangan mobile learning berbasis Android ini menggunakan model 4D yaitu 1) Define; 2) Design; 3) Development; 4) Disseminate. Kelayakan media ini oleh para validator yang terdiri dari validasi materi, media dan uji coba ke siswa.  Hasil penilaian oleh ahli media mendapatkan total jumlah skor 110 dengan persentase kelayakan 88% sehingga termasuk dalam kategori  “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian oleh ahli materi mendapatkan total jumlah skor 72 dengan persentase kelayakan 96% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Kemudian berdasarkan hasil uji coba ke siswa diperoleh total jumlah skor 827 dengan persentase kelayakan 87%  sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mobile learning berbasis android mata pelajaran pendidikan agama islam materi asuransi syariah “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Mobile Learning, Android

Full Text:

PDF

References


Ernawati, Iis dan Sukardiyono, T. (2017). "Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server". Electronics, Informatics, and Vocational Education.Vol.2 No.2, pp.204-210.

Hermawan, Hendrik. (2016). Powerpoint untuk APK. Salatiga: Tisara Grafika.

Holzinger, Andreas, Alexander Nischelwitzer, dan Matthias Meisenberger.

(2005). Mobile Phones as a Challenge for m-Learning:Experiences with the Mobile Learning Engine (MLE) using Mobile Interactive Learning Objects(MILOs).

Mair, Zaid Romegar. (2018). Teori dan Praktek Sistem Operasi. Yogyakarta: Deepublish.

Safaat H, Nazruddin, (2015), Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform, Informatika, Bandung

Sarrab, Elgamel, dan Aldabbas .(2012). Mobile Learning (M-Learning And Educational Environments International Journal of Distributed and Parallel System (IJDPS).

Sugiyono, (2013) Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, Ariesto Hadi. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Thiagarajan,Sivasailam, dkk. (1974). “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.” Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation In. (Mc).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v18i1.11702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.