RANCANG BANGUN ALAT AUTO RECEIVE BERBASIS MOBILE PHONE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMega328P

Muhammad Ilham Noor, Kadek Subagiada

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan mendorong adanya inovasi-inovasi terbaru di bidang pemanfaatan teknologi. Salah satu contoh adalah pembuatan suatu rangkaian kontrol penjawab telepon otomatis atau bisa disebut “Auto receive” berbasis mobile phone. Fungsi mobile phone yang biasanya di operasikan oleh manusia, kini dapat dikontrol dari jarak jauh. Dengan menambahkan sebuah chip mikrokontroler yang terhubung ke sebuah sistem minimum dan menghubungkannya dengan mobile phone, maka kita dapat mengendalikan kontrol fungsi tombol call pada mobile phone dari jarak jauh. Saat mobile phone menerima panggilan tidak lagi perlu kita berada dekat dengan mobile phone. Mobile phone dapat menjawab otomatis setiap panggilan masuk.Saat ini mikrokontroler yang sangat mudah ditemukan dan digunakan adalah jenis ATMega328P. Hasil dari penelitian ini adalah Saat ada panggilan masuk, sistem minimum mikrokontroler secara otomatis menjalankan segala perintah yang telah ditanamkan pada chip mikrokontroler dan menghasilkan gerakan mekanik untuk mengaktifkan tombol call pada mobile phone.

Full Text:

PDF

References


Putra, E.A. 2010. Tip dan Trik Mikrokontroler AT89 dan AVR. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Solikin, A., 2004. ” Perancangan dan Pembuatan Komunikasi Serial antara Mobile phone dengan Mikrokontroler sebagai Alat Kontrol Jarak Jauh”. Skripsi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Adraya. 2010. Sekilas tentang mikrokontroler. Fromhttp://adraya.blogspot.com/2010/08/sekilas-tentang-mikrokontroler.html,diakses tanggal 19 Februari 2012.

Setiawan, S. 2008. Belajar Mikrokontroler. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Nur Zajilah, C.A. 2010. “Penggunaan Mikrokontroler Sebagai Pendeteksi Posisi Dengan Menggunakan Sinyal GSM”. Jurnal Informatika Vol.4 No.1. 434.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v8i1.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.