TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM UJARAN KEBENCIAN PADA KOMENTAR SELEBGRAM RIO DAN KEKEYI: KAJIAN PRAGMATIK

Frilia Dwi Wulandari, Irma Surayya Hanum, Purwanti Purwanti

Abstract


Penelitian ini menggunakan objek ujaran-ujaran kebencian pada komentar Selebgram Rio dan Kekeyi yang dianalisis menggunakan kajian pragmatik. Tujuan dari penelitian ini, untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi dalam ujaran kebencian pada komentar selebgram Rio dan Kekeyi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan empat bentuk tindak tutur ilokusi berupa asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Bentuk ilokusi merujuk pada pernyataan, nasihat, saran, serta umpatan dengan secara tidak langsung dan mengarah sindiran. Kemudian, ditemukan fungsi ilokusi kompetitif, kolaboratif, dan konfliktif. Fungsi ilokusi dengan tujuan sosial bersifat netral, menyatakan, dan menyumpahi. Bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi yang dituliskan oleh netizen untuk Rio dan Kekeyi dapat digolongkan sebagai pelanggaran dalam pasal 27 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, dikarenakan tuturan tersebut mengandung ujaran kebencian.

Keywords


pragmatik, selebgram, tindak tutur ilokusi, ujaran kebencian

Full Text:

PDF

References


Abdul chaer dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Krisnayuda, Dionysois Raharditya. 2020. “Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Pedagang Batik dengan Calon Pembeli di Pasar Beringharjo Yogyakarta September-Desember 2019”. Skripsi Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma. Diterbitkan.

Lubis, Hamid Hasan. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: CV Angkasa.

Mardalis. 1995. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasrullah, Ruli. 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Novandria, Cindy Dwika. 2020. “Kajian Cyberpragmatics Ujaran Kebencian Kepada Pejabat Publik dalam Twitter Tahun 2019“. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Diterbitkan.

Permatasari, Devita Indah. 2019. “Tindak Tutur Ilokusi Ujaran Kebencian Facebook Tahun 2017-2019“. Skripsi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Diterbitkan.

Rangkuti, Rahmadsyah dan Zulfan. 2019. Kesantunan Berbahasa: Upaya Mencegah terjadinya Ujaran Kebencian. Medan: Wal-Ashri Publishing.

Yule, George. 2018. Pragmatics. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia Oleh Indah Fajar Wahyuni dan Rombe Mustajab. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v7i4.8390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Frilia Dwi Wulandari, Irma Surayya Hanum, Purwanti -

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License