Analisis Wacana Kohesi Gramatikal dan Leksikal Pidato Presiden RI Bapak Joko Widodo dalam Sidang Umum PBB Bulan September 2020

Anggi Wuri Octaviani, Masrur Masrur, Purwanti Purwanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya tanggapan positif dan negatif dari beberapa kepala negara, pakar, dan praktisi yang hadir dalam sidang virtual saat covid-19 mengalami peningkatan tahun 2020. Teori yang digunakan yaitu analisi wacana kohesi gramatikal dan leksikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat. Teknik analisis data menggunakan metode agih dan padan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pidato banyak mengalami unsur repetisi. Salah satunya terdapat kata ganti “kita” yang menunjuk diri dan seluruh perwakilan negara yang hadir pada sidang tersebut. Repetisi menjadi pengaruh dalam jalannya pidato karena memiliki poin dalam unsur penekanan terhadap pidato yang disampaikan. Analisis wacana kohesi gramatikal dan leksikal pada pidato tersebut sudah padu karena memiliki bentuk penyusunan kata yang sesuai dan isi pidato yang disampaikan sudah kompleks sesuai harapan dan tujuan seluruh kepala negara kedepannya. Tentu isi pidato memiliki korelasi dengan situasi yang terjadi seperti menurunnya perekonomian seluruh negara, terjangkitnya covid-19, masih terjadi konflik seperti Palestina dan Israel. Inilah yang menjadi sebab bahwa pidato tersebut terdapat unsur repetisi karena Presiden hanya menginginkan seluruh warga negara untuk terus bekerja sama dan menjunjung tinggi perdamaian dunia.

 

Kata kunci : analisis wacana, kohesi gramatikal dan leksikal, pidato Jokowi


Keywords


Linguistics

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Yusep dan Reka Yuda Mahardika. 2016. Analisis Wacana Kohesi dan Koherensi Pada Wacana Iklan Politik Dalam Wacana Pemilu 2014. Dalam Jurnal Ilmiah Upt P2M, Vol.3, No. 1 (2016). https://www.researchgate.net/publication/332645441-Analisis-Wacana-Kohesi-Dan-Koherensi-Pada-Wacana-Iklan-Politik-Dalam-Wacana-Pemilu-2014 (diunduh bulan September 2020).

Aisya, Siti. 2018. Kohesi Gramatikal Dan Leksikal Pada Pidato Malal Yousafzai : The Pen Is Mightier Than The Sword dalam Jurnal Elektronik Fakultas Sastra, Vol 2, No. 3 (2018). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/20404 (diunduh September 2020).

Anahamu, Maryati Lika. 2016. Kohesi dan Koherensi Teks Pidato “APEC CEO SUMMIT 2014” Oleh Joko Widodo. Skripsi Universitas Sam Ratulangi Fakultas Imu Budaya Prodi Sastra Inggris. https://1library.net/document/q77111nq-kohesi-koherensi-teks-pidato-apec-summit-oleh-widodo.html (diunduh Septmeber 2020)

Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapan Pada Wacana Media. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Hidayat, Amry Nur. 2018. Jenis Wacana, Kohesi, Dan Koherensi Pada Fiksi Mini Dalam Media Sosial Twitter. Skripsi Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Diterbitkan.

Nurfitriani, Rajab Bahry, Azwardi. 2018. Analisis Kohesi dan Koherensi Dalam Proposal Penelitian Mahasiswa PBSI Tanggal 23 Desember 2014. Dalam Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 12 No. 1; Januari 2018:39-49. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JLB/article/view/12165 (diunduh pada bulan September 2020)

Rachmawati, Yuninda. 2020. Analisis Wacana Pidato Dalam Kampanye Emmanuel Macron Pada Pemilihan Presiden Prancis Tahun 2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa Dan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta. Diterbitkan.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Suhardi. 2013. Pengantar Linguistik Umum. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syarif, Sarjono. 2019. Analisis Teks Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo Tinjauan Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik. Tesis Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Makassar. Diterbitkan.

Tamaheang, Nola. 2017. Analisis Kohesi pada Pidato Barrack Obama di Universitas Indonesia. https://media.neliti.com/media/publications/84223-ID-analisis-kohesi-pada-pidato-barrack-obam.pdf (diunduh September 2020).

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa Pendekatan Struktural. Retrieved April 16, 2020, from https://repository.unp.ac.id1830/1/Buku%20Metode%penelitian%20Bahasa.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v7i2.7838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggi Wuri Octaviani, Masrur Masrur Masrur, Purwanti Purwanti Purwanti

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License