PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMK

Eka Irma Wati, Mohammad Ilyas, Endang Dwi Sulistyowati

Abstract


ABSTRACT

 

This research was conducted with the aim of: (1) designing mobile learning media in writing description text learning, (2) making plan and implement learning by using mobile learning, and (3) knowing the effectiveness of mobile learning media in learning Indonesian class X SMK. The method used is a research and development model adapted from Sugiono with 10 stages starting with identifying potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, trial usage, product revision and mass production. The location of the research is SMKN 3 Samarinda from April to May 2017. Based on data analysis, mobile learning media is feasible and effective in learning to write description for students of class X SMK.

 

Keywords: learning media, mobile learning, writing description

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendesain media mobile learning dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, (2) membuat perencanaan dan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan mobile learning, dan (3) mengetahui efektivitas media mobile learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMK. Metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Sugiono dengan 10 tahapan yang diawali dengan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Lokasi penelitian adalah SMKN 3 Samarinda pada bulan April sampai dengan Mei 2017. Berdasarkan analisis data, media mobile learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi bagi siswa kelas X SMK.

 

Kata kunci: media pembelajaran, mobile learning, menulis deskripsi


Full Text:

PDF

References


Allyn dan Bacon. 1999. Teching Language Arts. Boston: Carole Cox.

Sadiman AS, dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Pustaka Setia.

Darmawan, Deni. 2014. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dunne, Richard dan Ted Wragg. 1996. Pembelajaran Efektif, diterjemahkan oleh: Jasin, Anwar. Jakarta: Grasindo.

Gardner, Ruth. 1979. Aspect of Composition. Newyork: Harcourt Brace Jovanovich.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.

Jauhari, Heri. 2009. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Mujiyanto, dkk. 1999. Puspa Ragam Bahasa Indonesia. Surakarta: FKIP UNS.

Murhaini, Suriansyah. 2016. Menjadi Guru Profesional Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

________. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rusdiana, A. 2014. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka setia.

Said, A dan Budimanjaya, A. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sinambela, N. J. M. P. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_______. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development: Untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutama, I. M. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno Sobry. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect

Slamet, St. Y. 2008. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta:UNS Press.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusufhadi, Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v1i4.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Eka Irma Wati, Mohammad Ilyas, Endang Dwi Sulistyowati

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License