Tubuh Perempuan dalam Metafora pada Kumpulan Puisi Pandora Karya Oka Rusmini: Kajian Stilistika

Esty Pratiwi Lubarman, Dahri Dahlan, Kiftiawati Kiftiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bentuk metafora tubuh dan juga menguraikan fungsi puitik metafora tubuh yang terdapat di dalam puisi “Pandora” karya Oka Rusmini. Teori yang digunakan ialah stilistika yang berfokus pada gaya bahasa metafora. Adapun teori pendukung lainnya berupa teori perihal tubuh, puisi, dan juga struktur puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan klausa. Simpulan pada penelitian ini ditemukan pada puisi “Kepompong” bentuk metafora tubuh, orang tua, anak-anak dan juga laki-laki. Pada puisi “Larung” ditemukan bentuk metafora tubuh dan tradisi. Pada puisi “Benalu” ditemukan bentuk metafora perempuan dan lelaki. Pada puisi “Pandora” ditemukan bentuk metafora ibu dan anak-anak. Pada puisi “Vagistin” ditemukan bentuk metafora seksualitas perempuan dan laki-laki. Fungsi puitik yang ditemukan melalui diksi. Diksi yang dimunculkan dalam puisi ini ialah diksi kekerasan sebagai bentuk kuasa tubuh lelaki atas tubuh perempuan. 

Kata Kunci: puisi, metafora, tubuh perempuan, stilistika.


Keywords


puisi, metafora, tubuh perempuan, stilistika.

References


Rusmini, Oka. 2018. Pandora. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Benedicta, Gabriella Devi. 2011. “Dinamika Otonomi Tubuh Perempuan: Antara Kuasa dan Negosiasi atas Tubuh.” dalam jurnal Masyarakat: Sosiologi, Vol. 16, No. 2 (2011). http://journal.ui.ac.id/index.php/mjs/article/view/4963 (diunduh 3 Maret 2021).

Fransori, Arinah. 2017. “Analisis Stilistika pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar” dalam jurnal Dieksis, Volume 9, No. 01, (2017). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/884 (diunduh 3 Maret 2021).

Munir, Haryanti, dkk. 2013. “Diksi dan Majas dalam Kumpulan Puisi Nyanyian Dalam Kelam Karya Sutikno W.S: Kajian Stilistika” dalam jurnal Universitas Negeri Semarang, JSI 2(1), (2013). http://juornal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi (diunduh 6 Juni 2020).

Syahputra, Iswandi. 2016. "Membebaskan Tubuh Perempuan dari Penjara Media" dalam Jurnal Musawa, Vol. 15, No.2, (2016). http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/MUSAWA/article/view/1303 (diunduh 15 April 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v7i1.7485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Esty Pratiwi Lubarman, Dahri - Dahlan, Kiftiawati - -

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License