KRITIK SASTRA NOVEL DANCE OF THE BUTTERFLY KARYA RATU KRISTINA MELALUI PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA

Rahma Mardiana Kurniasih, Leli Nisfi Setiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan unsur-unsur struktural yang membangun novel Dance of the Butterfly karya Ratu Kristina, (2) kejiwaan para tokoh dalam novel Dance of the Butterfly karya Ratu Kristina. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif disertai penguatan analisis isi dengan pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, unsur struktural yang membangun meliputi: tema kesetiaan dan perjuangan hidup serta psikologi, penokohan dengan tokoh utama Rambo, latar tempat berada di Jakarta dan Bandung, nilai moral dan sosial mengandung pengajaran hidup bagi pembacanya. Kedua, analisis kejiwaan tokoh utama dalam novel Dance of the Butterfly dapat dipahami melalui teori Sigmund Freud (id, ego dan superego) yang mampu dipengaruhi oleh faktor dalam maupun faktor luar.


Keywords


psikologi, sastra, Dance of the Butterfly, novel

References


Astuti, P., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2018). Ketidakadilan Gender Terhadap Tokoh Perempuan Dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 2(2), 105-114.

Astuti, R. E., Mujiyanto, Y., & Rohmadi, M. (2017). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 4(2), 175-187.

Destinawati, Arina. 2012. “Konflik Psikologis Tokoh Utama Perempuandalam Novel Sebuah Cinta yang Menangis Karya Herlinatiens”. Yogyakarta. Fakultas Bahasa dan Seni.

Hardjana, A. (1981). Kritik Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta. Gramedia.

Hell, Calvin S. 2019. Psikologi Freud.Yogyakarta : IRCiSoD

Kristina, R. (2019). Dance of the Butterfly. Yogyakarta: Laksana.

Pradnyana, I. W. G., Artawan, G., & Sutama, I. M. (2019). Psikologi Tokoh dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Psikologi Sastra. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 339-347.

Setyorini, R. (2017). Analisis Kepribadian Tokoh Marni Kajian Psikologi Sigmund Freud dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari. Kajian Linguistik dan Sastra, 2(1), 12-24.

Semiun, Y. (2010). Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Yusuf, L.N. Syamsu, Juntika Nurihsan. (2008). Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i2.7059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahma Mardiana Kurniasih, Leli Nisfi Setiana

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License