Moralitas Tokoh Utama Dalam Novel Tuhan Lindungi Mahkotaku Karya Arif YS: Kajian Sosiologi Sastra

Sitti Nur, Yusak Hudiyono, Dahri Dahlan

Abstract


Dalam novel Tuhan Lindungi Mahkotaku karya Arif Y.S, terkandung banyak pesan moral yang baik untuk diterapkan dalam bermasyarakat maupun individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan novel Tuhan Lindungi Mahkotaku Karya Arif Y.S. menggunakan metode deskriptif mengacu pada teori moralitas email durkheim yang terdiri dari aspek disiplin, kelekatan dan otonom.Data diperoleh dengan membaca novel bersumber pada kutipan yang berisi amanat-amanat sebagai bahan penelitian.Hasil penelitian yang mengacu pada teori moralitas email durkheim ditinjau dari aspek disiplin ada keinginan Ulfa untuk mengajak Farid namun hal tersebut tidak dapat dilakukannya karena Ulfa merasa bahwa tindakan itu benar. Ulfa melawan dorongan hatinya yang bertolak belakang dengan keinginannya. Ditinjau dari unsur kelekatan, dapat dilihat bahwa Ulfa sangatlah ingin mengajak Farid untuk pergi, namun ia tidak melakukannya karna ia sangat menghargai aturan dalam masyarakatnya. Ditinjau dari unsur otonomi, dapat dilihat bahwa Ulfa memutuskan untuk bekerja di luar negeri, untuk menjaga perasaan Fandi karna telah menolaknya. Pembaca dapat mengambil pesan tentang bagaimana cara bersikap baik, menjujung tinggi rasa cinta dalam keluarga dan masyarakat serta memiliki keyakinan atas diri sendiri dan menjaga kehormatan diri baik di hadapan Allah maupun manusia.


Keywords


Novel, moralitas, tokoh utama, sosiologi sastra

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Resty. 2017. “Aspek Moralitas dalam Novel Anak-Anak Pangaro Karya Nun Urnoto El Banbary: Kajian Sosiologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

Azhari, D. R., Yoesoef, M., & Setyani, T. I. (2022). Mendiskusikan Definisi Sastra Islam dan Sastra Islami dalam Kesusastraan Indonesia Masa Kini. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 763-778. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.518

Al Baghdadi, N. S. R., Hudiyono, Y., & Rokhmansyah, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Materi Teks Berita Melalui Live Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 4(1), 24-30.

Chrisdayanti, C., Mursalim, M., & Rokhmansyah, A. (2022). Perubahan Novel Catatan Akhir Kuliah Karya Sam Maulana Menjadi Film Catatan Akhir Kuliah Sutradara Jay Sukmo: Kajian Ekranisasi. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(4), 1367-1377.

Damono, Sapardi Djoko. 1979. Sosiologi Sebuah Pengantar. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Damono, Sapardi Djoko. 1974. Pengantar Sosiologi Sastra. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Djajasudarma, T. Fatimah. 2010. Metode Linguistik. Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fitriah, L., & Vivian, Y. I. (2022). Ideologi Pendidikan melalui Pendidikan Seni Musik dalam Sebuah Kreativitas. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik, 2(1), 59–66. https://doi.org/10.30872/mebang.v2i1.26

Indonesia di SMP”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas MuhammadiyahSurakarta. Arikunto, Suharsini. 2007. Prosedur Penelitian Suata Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jambia, M. A., Hefni, A., & Hudiyono, Y. (2022). Variasi Bahasa Anak pada Perkawinan Campur Buton Cia-Cia Laporo dan Banjar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(3), 665-674. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.477

Lestari, Anggun Khitriana. 2012. “Aspek Moralitas dalam Novel Edensor Karya Andrea Hirata: Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra”. Jurnal Skripsi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. https://media.neliti.com/media/publi-cations/191977-ID-aspek-moralitasdalam-novel-edensor-kary.pdf (diunduh 19 Maret 2019).

Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra. “Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus”. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mulawarman, W. G., Putri, N. Q., Sulityowati, E. D., Rokhmansyah, A., & Wanda, H. N. (2021). Study Of Structuralism With Robert Stanton's Perspective In A Novel Every Night Is Separated By Alfiansyah On Language Learning Based On Literature. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1273-1284.

Nugraha, Fajar Briyanta Hari. 2014. “Nilai Moral dalam Novel Pulang Karya Leila S Chudori”. Skripsi Progam Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Nurgiyantoro, Burhan dkk. (2000). Statistika Terapan untuk Ilmu-Ilmu Sosial Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Ratna, Nyoman Kutha. 2003. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuryatin, A., Rokhmansyah, A., Hawa, A. M., Rahmayanti, I., & Nugroho, B. A. (2023). Google Classroom as an Online Learning Media for Indonesian Language Learning During COVID-19 Pandemic. Journal of Language Teaching and Research, 14(1), 255-262. https://jltr.academypublication.com/index.php/jltr/article/download/5370/4344/14633

Pratama, Z. W., & Rahayu, F. E. S. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengetahuan Anak pada Lagu Daerah Kalimantan. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik, 1(2), 63–68. https://doi.org/10.30872/mebang.v1i2.15

Ritzer, George. 2012. Teori Ssiologi dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, A., Nuryatin, A., Supriyanto, T., & Setyaningsih, N. H. (2023). Gender Performativity of Characters in 2000s Indonesian Novels. Theory and Practice in Language Studies, 13(1), 244-250.

Sinulingga, Setia Paulina. 2016. Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak di Indonesia. Jambi: Sekolah Bina Kasih

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunarti, T., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2022). Respons Perempuan Terhadap Cerpen Perempuan Hajar Karya Abidah El Khaleqy. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(4), 1489-1505.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1994. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v7i1.6739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Nur, Yusak Hudiyono, Dahri Dahlan

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License