RESPONS PEMBACA NOVEL MATA DI TANAH MELUS KARYA OKKY MADASARI KAJIAN RESEPSI SASTRA

Riska Mey Liana, Irma Surayya Hanum, Ian Wahyuni

Abstract


Novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari menarik untuk dijadikan objek penelitian karena novel ini memberikan pengetahuan tambahan dan penggambaran sejarah. Novel tersebut membuat remaja dapat belajar sejarah dan memetik nilai-nilai yang ada. Teori yang digunakan adalah teori resepsi sastra menurut Hans Robert Jauss. Kajian resepsi sastra dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis respons pembaca melalui unsur intrinsik pada novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ialah interpretasi responden terhadap novel dan sumber data ialah 18 siswa kelas XII Bahasa SMAN 4 Berau. Teknik pengumpulan data merupakan teknik wawancara, teknik catat, teknik rekam, dan transkripsi data tutur menjadi teks. Teknik analisis data menggunakan metode resepsi sinkronis secara eksperimental. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, respons pembaca terhadap novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari menunjukkan adanya tanggapan positif dan negatif. Mulai dari tokoh, latar, alur, tema, sudut pandang, dan nilai moral. Perbedaan tanggapan terhadap unsur intrinsik ini dikarenakan pemahaman setiap pembaca memiliki horizon harapan tersendiri dalam merespons cerita novel tersebut. Kedua,  kategori pembaca siswa kelas XII Bahasa SMAN Berau yang sesuai ialah actual reader, yaitu manusia yang benar-benar melaksanakan tindakan pembacaan. Ketiga, novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari layak untuk dibaca oleh anak dan remaja mulai dari usia operasional formal (11 atau 12 tahun ke atas). Responden beranggapan bahwa novel Mata di Tanah Melus merupakan novel yang bagus dan penuh dengan imajinatif sehingga responden dapat menikmati novel tersebut. 


Keywords


novel; resepsi sastra; respons pembaca

References


Abdullah, Imron T, ed. Jabrohim. 2001. Resepsi Sastra; Teori dan Penerapannya dalam Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.

Antonius, B dan Soedjito Sosrodihardjo. 2014. Metode Penelitian Sosial (edisi revisi). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Anwar, Ahyar. 2015. Teori Sosial Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Emzir dan Saifur Rohman. 2016. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS Publishing

Ihsan, Fuad. 2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Jabrohim (Ed). 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Jabrohim. 2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.

Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari, Dwi. 2019. “Analisis Resepsi Sastra terhadap Novel Banat Ar Riyad Karya Rajaa Alsanea”. Skripsi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ningsih, S., Rokhmansyah, A., & Putri, N. Q. H. (2020). Kecenderungan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Memilih Materi Pembelajaran pada Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1). Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 3(2), 13-16.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Patilima, Hamid. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, Widhari. 2019. “Tanggapan Remaja di Samarinda terhadap Novel Populer Jingga dan Senja Karya Esti Kinasih: Kajian Resepsi Sastra”. Skripsi Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman.

Rafiek, M. 2015. Teori Sastra: Kajian Teori dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.

Rokhmansyah, A., & Nuryatin, A. (2020). Homosexual Responses In Semarang City Towards Andrei Aksana's Lelaki Terindah Novel. In Prosiding 29th International Conference on Literature" Literature, Tourism, and Multicultural Education in the Industrial Era (Vol. 4, pp. 105-114).

Santrock, John W. 2007. Remaja, edisi kesebelas. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Benedictine Widyasinta. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sari, E., Hanum, I. S., & Sari, N. A. (2022). Respons Pembaca Anak Usia Tahap Operasional Konkret Terhadap Cerita Pendek Badut Terlucu Karya Sarah Nafisah: Kajian Resepsi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(3), 780-788.

Sariana, S., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2022). Tanggapan Anak Terhadap Legenda Pesut Mahakam: Kajian Resepsi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(2), 292-298.

Sarumpaet, Riris K, Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Sehandi, Yohanes. 2016. Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soetjiningsih. 2010. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahnnya. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanto, Dwi. 2011. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Susanto, Dwi. 2016. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Teeuw, A. 2013. Sastra dan Ilmu sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2016. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (Terjemahan)

Widyanissa, Mutia Andika. 2016. “Resepsi Pembaca terhadap cerpen “Remon” Karya Kajii Motojiro (Studi Kasus 20 Mahasiswa S1 Sastra Jepang FIB UNDIP Angkatan 2014)”. Skripsi Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i4.6615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riska Mey Liana, Irma Surayya Hanum, Ian Wahyuni

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License