TUTURAN PERINTAH GURU DALAM ANALISIS TEKS EDITORIAL DENGAN METODE AUDIO LINGUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Devi Hari Fitriya Ningsih, Gigit Mujianto

Abstract


Tuturan perintah guru digunakan untuk mengondisikan proses pembelajaran dan menghimbau peserta didik untuk melakukan sesuatu. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bentuk tuturan perintah guru yang berupa kalimat imperatif dalam pembelajaran yang menggunakan metode audio lingual untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan tuturan perintah guru dan metode audio lingual. Metode dalam penelitian yaitu kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu video pembelajaran “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak-catat.Teknik analisis data dilakukan dengan cara pertama menonton video pembelajaran “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan” di youtube. Kedua, mencatat semua dialog yang terdapat dalam video “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan”. Ketiga menentukan dialog yang sudah dicatat berdasarkan teori tuturan perintah guru dan metode audio lingual. Keempat dengan data yang ditemukan dengan teori yang diguanakan. Kelima mendeskripsikan bentuk tuturan perintah guru yang terdapat dalam video “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan”.Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk perintah guru ada 4 yaitu berupa kalimat imperatif suruhan, permintaan, imbauan dan ajakan serta teknik metode audio lingual yang digunakan dalam pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara. Keempat dengan data yang ditemukan dengan teori yang diguanakan. Kelima mendeskripsikan bentuk tuturan perintah guru yang terdapat dalam video “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan”. Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk tuturan perintah guru ada 4 yaitu berupa kalimat imperatif suruhan, permintaan, imbauan dan ajakan serta teknik metode audio lingual yang digunakan dalam pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara.Keempat dengan data yang ditemukan dengan teori yang diguanakan. Kelima mendeskripsikan bentuk tuturan perintah guru yang terdapat dalam video “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan”. Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk tuturan perintah guru ada 4 yaitu berupa kalimat imperatif suruhan, permintaan, imbauan dan ajakan serta teknik metode audio lingual yang digunakan dalam pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara.


Keywords


Tuturan Perintah Guru, Audio Lingual

References


Andriani, R. F. (2013). Analisis Penggunaan Kalimat Perintah Guru Dalam Proses Kegiatan Belajar-Mengajar Di SD Negeri 09 Panggang, Kabupaten Jepara (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Andriyanto, A. (2014). Bentuk Tuturan Imperatif Bahasa Indonesia dalam Interaksi Guru-Siswa di SMP Negeri 1 Sumenep. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 9-15.

Budihastuti, E. (2017). Metode Audio-Lingual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Untuk Mahasiswa Regional Polytechnic Institute Techo Sen Takeo Kamboja. Fkip E-Proceeding, 43-54.

Darwis, A. (2018). Tindak Tutur Direktif Guru Di Lingkungan Smp Negeri 19 Palu: Kajian Pragmatik. Bahasa dan Sastra, 4(2).

Hanani, N. (2016). Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 14(2).

Mujianto, G. (2015). Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Menulis dengan Komposisi Terarah Berdasarkan Tingkat Kognisi Siswa. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 1(2), 173-197.

Mujianto, G. (2017). Karakteristik Tuturan Performatif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 2(2), 172-186.

Muti’ah, A. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru Di Kelas Awal Sekolah Dasar: Upaya Untuk Mengelola Perhatian Dan Kegiatan Siswa. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Nazihah, W. dan Gigit. M. (2020). Relevansi Faktor Psikolinguistik Dengan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 7(1), 67-84

Sardiyana, S. (2019). Pendekatan Dan Metode Audio Lingual. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 1(1), 14-20.

Sugiriningsih, D. (2013). Tuturan Penolakan Perintah Dalam Ranah Keluarga Di Kampung Karanggading Kota Magelang. Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa, 2(1).

Yulizah, Y. (2020). Peningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Audio-Lingual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 02 Rimbo Pengadang. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 116-132




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.6334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Devi Hari Fitriya Ningsih, Gigit Mujianto

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License