KONSTATIF DAN PERFORMATIF DALAM NOVEL PEREMPUAN DI TITIK NOL KARYA NAWAL EL-SAADAWI BERDASARKAN TEORI TINDAK TUTUR PRESPEKTIF JOHN L. AUSTIN

Robi’atul Laili Maulidiyah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang teori tindak tutur berupa ujaran konstatif dan performatif yang terdapat dalam novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal El-Saadawi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mana sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik validasi data menggunakan triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ujaran konstatif dan performatif yang terdapat dalam novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal El-Saadawi masing-masing memiliki klasifikasi tertentu untuk masuk dalam kajian ujaran tersebut. 


Keywords


John L. Austin, konstatif, novel, performatif

References


Abidillah, Achmad Fadlil, dkk. (2021). Ekonomi Islam: Prespektif Filsafat Dan Ilmu Pengetahuan. Sidoarjo: Zifanata Jawara.

Aditiawarman, Mac, dkk. (2019). Hoax dan Hate Speech di Dunia Maya. Tonggak Tuo: Lembaga Kajian Aset dan Budaya Indonesia.

Baryadi, I. Praptomo. (2020). Teori Linguistik Sesudah Strukturalisme. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Edu, Ambross Leonanggung. (2017). Nasib Kaum Perempuan: Berkaca Pada Novel “Perempuan Di Tiyik Nol” dalam jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Progam Studi PGSD STKIP Santu Paulus, vol. 9, No. 1, Januari 2017.

El-Saadawi, Nawal. (1989). Imra’ah ‘Inda Nuqthah As-Sifr. Diterjemahkan oleh Amir Sutaarga. (2021). Perempuan Di Titik Nol. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fitriani, Winda Ayu Cahya. (2019). Analisis Tindak Tutur Dalam Wacana Iklan Radio dalam Jurnal Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Madiun, Vol. 8, No. 1, Januari 2019.

Halim, Syaiful. (2019). REPORTASE: Panduan Praktis Reportase Untuk Media Televisi. Jakarta: KENCANA.

Hudiyono, Yusak. (2021). Wacana Percakapan Intruksional: Kajian Struktur, Strategi, dan Fungsi. Yogyakarta: CV. Istana Agency.

Madiyant, Muslikh. (2020). Copywriting; Retorika Iklan dan Storytelling Teori dan Teknik Menulis Naskah Iklan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pandor, Pius. (2018). “Kontribusi Teori Ujaran dan Tindakan Bahasa Dalam Filsafat Analitik Jhon Langshaw Austin Terhadap Bahasa Pewartaan” dalam Robert Pius Manik, dkk (editor). Pembaharuan Gereja Melalui Katakese: Superfisialisme, Aktivisme, Fundamentalisme, dan Sprilitualisme Tantangan Katakese Dewasa Ini. Malang: STFT Widya Sasana.

Rokhman, Fathur, dan Surahmat. (2020). Linguistik Disruptif: Pendekatan Kekinian Memahami Perkembangan Bahasa. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Simbolon, Marlina Eliyanti. (2019). Tuturan Dalam Pembelajaran Berbicara Dengan Metode Reciproal Teaching. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Siswanto, Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT. Grasindo.

Sumera, Marcheyla. (2013). Perbuatan Kekerasan atau Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan, vol. 01, No. 02, April-Juni 2013.

Suryanti. (2020). Pragmatik. Klaten: Lakeisha.

Unisiah, Frida, dan Ria Yuliiati. (2018). Pengantar Ilmu Linguistik. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Wibowo, Wahyu. (2006). Berani Menulis Artikel: Babak Baru Kiat Menulis Artikel untuk Media Massa Cetak. Jakarta: Gramedia.

Wibowo. Wahyu. (2011). Cara Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Wibowo, Wahyu. (2009). Menuju Jurnalisme Beretika: Peran Bahasa, Bisnis, Dan Politik Di Era Mondial. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.6249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Robi’atul Laili Maulidiyah

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License