CITRAAN DALAM KUMPULAN CERPEN YANG BERTAHAN DAN BINASA PERLAHAN KARYA OKKY MADASARI: KAJIAN STILISTIKA

Amdah Amdah, Dahri Dahlan, Ian Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk citraan dan fungsi citraan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari. Penelitian ini menarik karena dalam kumpulan cerpen ini terdapat citraan dan fungsi citraan yang beragam. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah beberapa judul cerpen yang terdapat dalam kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode agih. Langkah-langkah analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk citraan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari terdiri dari citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan gerakan, citraan rabaan, dan citraan penciuman. Selain itu, ditemukan citraan lain di luar teori yang digunakan yaitu citraan intelektual. Citraan yang paling dominan dalam penelitian ini yaitu citraan gerak, dan citraan yang jarang ditemukan ialah citraan penciuman. Fungsi citraan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari terdiri dari memperjelas gambaran, menghidupkan gambaran dalam pikiran dan penginderaan, membangkitkan suasana khusus, dan membangkitkan intelektualitas pembaca. Pemakaian diksi/pilihan kata yang terdapat dalam buku kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari meliputi kata denotasi, kata sapaan, kata konkret, dan kata vulgar. Selain itu, terdapat nilai moral yang dapat diterapkan dalam masyarakat, yaitu moral kemanusiaan, moral pergaulan, dan moral keagamaan.


Keywords


cerpen; citraan; stilistika

References


Abdullah, Imran T. 2015. “Resepsi Sastra dan Penerapannya” dalam Jabrohim (editor). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.

Akbar, Ade.dkk. 2019. “Citraan dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El shirazy dan Implementasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA” dalam jurnal BASTRA (Bahasa Sastra), Vol. 4 No. 1 (2019)https://www.google.com/search?client=firefox-b- d&q=citraan+dalam+novel+cinta+suci+zahrana (diunduh tanggal 9 Maret 2020)

Heri, E. 2019. Mengggas Sebuah Cerpen. Jawa Tengah: ALPRIN.

Hermawan, Satria Herwin. 2018. “Majas dan Citraan dalam Lirik Lagu Film Kartun Anak 90-an Versi Indonesia:Kajian Stilistika”. Skripsi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Tidak diterbitkan.

Hidayati, Nurul dan Heri Suwignyo. 2017. “Citraan pada Novel Fantasi Nataga the Littledragon Karya Ugi Agustono” dalam jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, Vol. 1 No. 1 (2017) https://media.neliti.com/media/publications/56537-ID-none.pdf (diunduh tanggal 9 Februari 2020)

Iswani, dkk. 2017. “Analisis Citraan Puisi Anak dalam Majalah Bobo” dalam jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, Vol. 2 No. 1 (2017) http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbsi/article/download/6965/3095 (diunduh tanggal 10 Maret 2020)

Kusumawardhani, Octari Adelina.2020. “Bahasa Figuratif dan Citraan dalam Kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M. Aan Mansyur: Kajian Stilistika” http://lib.unnes.ac.id/35198/ (diunduh tanggal 14 November 2020)

Lusita, Khusnul. 2018. “Analisis Diksi, Bahasa Figuratif, dan Citraan serta Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Yang Disunting Gelombang Karya Indra Tranggono” dalam jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 1 No.2 (2018) https://scholar.google.co.id/scholar?q=related:Ukk2joF04jcJ:scholar.google.com/&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabsu&u=%23%3DUkk2joF04jcJ (diunduh tanggal 15 Desember 2020)

Madasari, Okky. 2017. “Okky Madasari”. https://okkymadasari.net/category/ebook (diakses tanggal 2 Maret 2020)

Madasari, Okky. 2017. Yang Bertahan dan Binasa Perlahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Marwana. 2015. “Analisis Cerpen Senyum Yang Kekal Karya Korrie Layun Rampan Ditinjau Dari Aspek Sosiologi Sastra”. Skripsi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Tidak diterbitkan.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres

Padmopuspito, Asia. 1993. “Teori Resepsi dan Penerapannya” https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.uny.ac.id/4803/1/teori_resepsi_dan_penerapannya.pdf&ved=2ahUKEwj1nOfYI9PtAhVxgtgFHVc6ACcQFjAEegQIDBAB&usg=AOvVaw1PZc6oxmZb36N8-AZmtQWq (di unduh tanggal 16 Desember 2020)

Rahayu, Dwi Yayuk.2019. “Majas dalam Kumpulan Cerpen Himne Bunga- Bunga di Ladang Karya Clara Ng: Suatu Kajian Stilistika”. Skripsi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Tidak diterbitkan.

Redaksi, PM. 2012. Sastra Indonesia Paling Lengkap Peribahasa, Majas, Puisi, Pantun, Kata Mutiara. Depok: Pustaka Makmur

Samhudi, Obi, dkk. 2017. “Jenis dan Fungsi Gaya Bahasa dalam Pemaknaan Kumpulan Cerpen Kembalinya Tarian Sang Waktu: Stilistika” Vol.6 No.12 (2017) http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23107 (diunduh tanggal 9 Maret 2020)

Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Jogjakarta: Saufa

Wijaya, A., Sulistyowati, E., & Rokhmansyah, A. (2021). Pandangan Dunia Pengarang dalam Kumpulan Cerpen "Yang Bertahan dan Binasa Perlahan" Karya Okky Masasari: Kajian Strukturalisme Genetik. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 5(4), 645-656. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/2367 (di unduh tanggal 16 Desember 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.6223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amdah Amdah, Dahri Dahlan, Ian Wahyuni

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License