ANALISIS WACANA “AKAR PELECEHAN SEKSUAL” PADA MEDIA UMAT NEWS EDISI 236 TEORI TEUN A. VAN DIJK

Nur Jumiati, Dahri Dahlan, Purwanti Purwanti

Abstract


Media massa cetak surat kabar memiliki peran penting dalam pemberitaan karena dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif. Termasuk Media Umat News yang memuat wacana kritik RUU PKS. Wacana kritik itu mendapatkan perhatian karena menggunakan sudut pandang yang berbeda dengan media lainnya. Berdasarkan perbedaan tersebut sebagai latar belakang pemilihan objek penelitian. Objek akan dianalisis menggunakan analisis wacana struktur teks Teun A. Van Dijk. Penelitian berfokus pada penguraian struktur teks yang terdiri dari struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Tujuan penelitian yaitu mengungkap informasi yang terdapat dalam dimensi struktur teks wacana Akar Pelecehan Seksual.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yakni diuraikan secara deskriptif berupa kata-kata. Data penelitian yaitu wacana Akar Pelecehan Seksual dan sumber data penelitian adalah Media Umat News Edisi 236. Pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, melalui teknik baca dan teknik catat. Analisis data pada struktur makro digunakan metode analisis tematik. Pada superstruktur dan struktur mikro menggunakan metode padan ekstralingual. Teknik penyajian data hasil penelitian diuraikan secara deskriptif dan dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu pendeskripsian struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro.

Berdasarkan hasil penelitian, struktur makro yang terdapat dalam wacana Akar Pelecehan Seksual adalah perluasan kejahatan seksual bisa melalui RUU PKS. Makna umum yang dimunculkan tersebut untuk membentuk kesadaran sosial yakni mempengaruhi penafsiran pembaca dalam memandang RUU PKS secara negatif. Adapun superstruktur disusun berdasarkan kepentingan untuk mendukung struktur makro. Penyusunan tersebut bertujuan untuk mempertegas tema, strateginya dengan mengurutkan proses jalannya peristiwa menjadi tiga episode secara lengkap mulai dari fakta, sejarah, dan solusi. Sedangkan struktur mikro lebih ditekankan pada aspek sintaksis, untuk menampilkan pesan secara terang dan jelas. Secara keseluruhan penyusunan setiap struktur merupakan suatu strategi untuk mendukung informasi yang ingin disampaikan dalam wacana Akar Pelecehan Seksual.


Keywords


analisis wacana; media umat news; struktur teks

References


Aminuddin, Faruk, dkk. 2002. Analisis Wacana dari Analisis sampai Dekonstruksi. Yogyakarta: Kanal.

Badara, Aris. 2013. Analisis Wacana Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana.

Defiani, Eka Sakti. 2013. Gaya Bahasa Kiasan dalam Tabloid Bola Edisi Januari 2013. Skripsi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Dijk, Teun A. Van. 2008. Discourse and Power. London: Palgrave Macmillan.

_____ 2014. Discourse and Knowledge A Sociocognitive Approach. Inggris: Cambridge University Press.

Djajasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

_____ 2012. Wacana dan Pragmatik. Bandung: Refika Aditama.

Eko Rusminto, Nurlaksana. 2015. Analisis Wacana Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eriyanto. 2012. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang.

Eriyanto. 2015. Analisis Isi. Jakarta: Prenada Media Group.

Hayati, Rina. Penelitian Kepustakaan (Library Research), Macam, dan Cara Menulisnya. https://penelitianilmiah.com/penelitian-kepustakaan/27 (diakses 27 April 2020).

Heriyanto, 2018. Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif dalam Jurnal Kajian Budaya, Vol.2, No.3 (2018). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/3679/2059 (diunduh 17 Juni 2020).

Iryana dan Kawasati, Risky. Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. https://osf.io/cy9de/download/?format=pdf (diunduh 26 April 2020).

Khak, Muh. Abdul dan Munawaroh, Lailatu. 2013. Analisis Bentuk, Makna, dan Diksi Judul Berita Media Massa dalam Cetak. Bandung: Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Mardhatilla, putri. Jenis-jenis Wacana. https://www.academia.edu/11766017/- JENIS_wacana_putri (diakses 15 April 2020).

Mustinda, Lusiana. 2019. Poin-poin RUU PKS. https://news.detik.com/berita/d-4721543/ini-poin-poin-ruu-pks (diakses 11 maret 2020).

Pertiwi, Umi. 2017. Strategi Harian Umum Lampung Post dalam Meningkatkan Kualitas Rubrik Keagamaan (Studi Analisis Wacana pada Harian Umum Lampung Post). http://repository.radenintan.ac.id/3599/1/SKRIPSI.pdf (diunduh 12 April 2020).

Rukmawati, Desi. 2019. Pesan Dakwah dalam Talkshow Hitam Putih Episode Gus Mifta Ustadz Viral Dakwah di Club Malam (Studi Analisis Wacana Teun A. Van Dijk). http://etheses.iainponorogo.ac.id/7734/1/DESI%20RUKMAWATI.pdf (diunduh 12 Februari 2020).

Sobur, Alex. 2015. Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudibyo, Agus. 2013. Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: LKiS.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwardi, Harsono. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa (Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik). Jakarta: Granit.

Titscher, Stefan, Michael Mayer, Ruth Wodak dan Eva Vetter. 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Triharyanto, Basilius. 2009. Pers Perlawanan Politik Wacana Anti Kolonialisme Pertja Selatan. Yogyakarta: LKiS.

Umam, Haiatul. 2009. Analisis Wacana Teun A. Van Dijk Terhadap Skenario Film Perempuan Punya Cerita. Skripsi Ilmu Jurnalistik Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yuwono, Untung. 2008. Wacana Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya, Volume 10, No.1, April, hlm. 1-189.

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press Padang.

Zufikar, Adam. 2017. Pemberitaan Penangkapan Bupati Klaten Sri Hartini (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk di Harian Umum Solopos Edisi 31 Desember 2016 - 31 Januari 2017). http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1358/1/skripsi.pdf (diunduh 12 Februari 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.6188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Jumiati, Dahri Dahlan, Purwanti Purwanti

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License