PANDANGAN STEREOTIPE PADA PEREMPUAN PAPUA DALAM NOVEL ISINGA ROMAN PAPUA KARYA DOROTHEA ROSA HERLIANY (KAJIAN GENDER)

Rezka Oktiarini, Widyatmike Gede Mulawarman, Dahri Dahlan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan kajian gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural. Subjek data dalam penelitian adalah novel Isinga Roman Papua karya Dorothea Rosa Herliany. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik baca dan teknik catat. Teknik anaalisis data dalam penelitian ini mengguakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sktruktur faktual dan bentuk stereotipe gender dalam penelitian ini juga menganalisis aspek-aspek yang terjadi dalam novel, yang pada umumnya hal ini juga terjadi pada kehidupan masyarakat umum. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama struktur faktual dalam novel Isinga Roman Papua karya Dorothea Rosa Herliany terdiri dari alur, tokoh penokohan, dan latar. Alur yang terdapat dalam novel ini adalah alur maju. Tokoh dalam novel ini mempunyai tokoh utama maupun tokoh tambahan. Latar dalam novel ini sebagian besar berada di Papua. Dalam novel ini terdapat problematika yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Problematika yang ditampilkan oleh pengarang adalah konflik perempuan atau stereotipe perempuan. Novel ini mengisahkan perjalanan seorang perempuan yang terbelenggu dalam aturan adat yang harus menjalani kehidupannya dengan semua label atau penandaan dirinya dari orang lain. Irewa dijadikan sebagai alat damai antar dua perkampungan yang bermusuhan. Irewa harus menikah dengan laki-laki yang sama sekali tidak ia cintai. Dari pernikahannya tersebut kehidupan Irewa berubah dan ia harus menyesuaikan diri dengan aturan-aturan adat yeng mnegharuskan perempuan mengikuti kodratnya sebagai perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan bentuk pandangan stereotipe gender dalam novel Isinga Roman Papua adalah sebagai berikut: (1) Struktur faktual, (2) Pandangan Stereotipe.


References


Alfat, D. S. N., Rokhmansyah, A., & Dahlan, D. (2022). Identitas Gender Tokoh Utama Dalam Novel Cermin Tak Pernah Berteriak Karya Ida R. Yulia. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(1), 13-27.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan, S. Pd. 2018. Metodologi penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.

Astuti, P., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2018). Ketidakadilan Gender Terhadap Tokoh Perempuan Dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 2(2), 105-114.

Astuti, Puji 2018. “Ketidakadilan Gender Terhadap Perempuan dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki: Kritik Sastra Feminisme”. Skripsi Sarjana Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman.

Endraswara , Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Fakih, Mansoer. 2013. Analisi Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herliany, R. Dorothea. 2015. Isinga Roman Papua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

http://etheses,iainponorogo.ac.id/id/eprint/3924 (diunduh pada 28 Agustus 2020).

Johnson, D. W. & Johnson, F. P. (2000). Joining together : group

M. Hikmat, DR. Mahi. 2011. Medote Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2018). Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kalimantan Timur. Yogyakarta: Garudhawaca.

Mulawarman, W. G., Sulistyowati, E. D., Wahyuningsih, T., Rokhmansyah, A., & Pagoray, H. (2020). KAJIAN PEMBANGUNAN MANUSIA BERBASIS GENDER 2019: Perempuan Kepala Rumah Tangga Miskin Yang Mempunyai Usaha Ekonomi Di Bontang, Samarinda, Dan Kutai Timur. Yogyakarta: Istana Agency.

Murniati, A. Nunuk. 2004. Getar Gender: Perempuan Indonesia dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum, dan HAM. Magelang: Indonesiatera.

Nugroho, Riant. 2011. Gender dan Strategi Pengurus-utamanya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah University Press.

Pujiharto. 2010. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak.

Puspita, Yenny. “Stereotipe terhadap perempuan dalam novel-novel karya Abidah El Khalieqy: Tinjauan Sastra Feminis”. Sarjana Universitas PGRI Palembang. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/ksatra (dinduh pada 30 Agustus 2020)

Rahmawati, Arizqa. 2018. “Ketidakadilan Gender dalam Film Kartini: Analisis Semiotika menurut Roland Barthes”. Skripsi Sarjana Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negri Ponorogo.

Rohman, Saifur dan Emzir. 2016. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar Gender Dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Yogyakarta: Garudhawaca.

Rokhmansyah, A., Hanum, I. S., & Dahlan, D. (2018). Calabai Dan Bissu Suku Bugis: Representasi Gender Dalam Novel Calabai Karya Pepi Al-Bayqunie. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 4(2), 89-102.

Rokmansyah, Alfian. 2016. Pengantar Gender dan Feminisme. Yogyakarta:: Garudhawaca.

Saguni, Fatimah. 2014. Pemberian Stereotype Gender. Musawa

Semi, Atar. 1990. Metode Penelitian Sastra. Bandung: ANGKASA.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

theory and group skill.Pearson Education Company: New York.

Wulandari, Ayu Pramudyah. 2017. “Ketidakadilan Gender dalam Novel Bidadari Hitam Karya T.I Thamrin. Skripsi Sarjana Pendidikan dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. http://respository.ub.ac.id/1204/1/PRAMUDYAH%20AYU%20WULANDARI.pdf (diunduh pada 29 Agustus 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i4.5968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rezka Oktiarini, Widyatmike Gede Mulawarman, Dahri Dahlan

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License