MENGENAL DAN MENGETAHUI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU CERITA RAKYAT PUTRI TUJUH

Fitria Wulandari, Atiqa Sabardila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam buku cerita rakyat Putri Tujuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian berupa buku cerita rakyat Putri Tujuh yang memuat beberapa tokoh yang mempunyai peran yang berbeda-beda, seperti peran antagonis dan protagonis. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat Putri Tujuh mengandung beberapa nilai pendidikan karakter, antara lain: (1) nilai kejujuran, (2) nilai kepedulian, (3) nilai kesopanan dan kepatuhan, (4) nilai pantang menyerah, (5) nilai rela berkorban, (6) nilai religius, (7) nilai tanggung jawab. Penggunaan cerita rakyat sebagai bahan pembelajaran dalam menumbuhkan pendidikan karakter karena cerita rakyat mudah dipahami oleh siswa. Selain mudah dipahami, siswa juga dapat menerapkan nilai-nilai karakter tersebut dikehidupan sehari-hari dengan cepat. Selain itu, siswa dapat mengetahui sejarah atau cerita-cerita pada zaman dahulu yang dapat menjadi kisah atau pelajaran untuk masa sekarang.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.5938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitria Wulandari, Atiqa Sabardila

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License