KARYA FOTOGRAFI SEBAGAI ARSIP SEJARAH PERKEMBANGAN BUSANA ETNIK WANITA DI PULAU JAWA

Nabilla Putri Sulaiman, Maya Purnama Sari

Abstract


Fotografi dapat dijadikan sebagai suatu media komunikasi, dokumentasi dan arsip sejarah dari suatu bangsa, yang dapat memperlihatkan bagaimana kondisi sosial dan budaya yang terjadi pada saat itu. Bangsa Indonesia memiliki ragam kebudayaan, salah satunya adalah busana etnik yang dimiliki setiap daerah di Indonesia. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perkembangan dan inovasi busana etnik wanita di pulau Jawa melalui proses akulturasi budaya dan pemikiran yang panjang, melalui karya fotografi. Penelitian dilakukan menggunakan metode studi literatur atau dokumentasi, dengan mengumpulkan data dari berbagai media dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa busana etnik yang diturunkan oleh nenek moyang kita adalah kain yang digunakan sebagai pakaian bawahan. Sedangkan kebaya, merupakan hasil akulturasi dari budaya-budaya yang dibawa oleh para pedagang timur tengah, eropa, maupun tiongkok, yang mengalami banyak perkembangan model dan menandakan terjadinya perkembangan pikiran serta rekam jejak sejarah mengenai kebudayaan yang kental di setiap daerah di pulau Jawa. Melalui karya fotografi sebagai arsip sejarah, dapat diamati bagaimana sejarah dan perkembangan busana etnik wanita di pulau Jawa dari masa ke masa.


Keywords


Fotografi, Arsip sejarah, Busana etnik

References


Ajidarma, S, G. 2003. Kisah Mata: Fotografi antara Dua Subyek : Perbincangan tentang Ada. Galang Press. Yogyakarta.

Alamsyah, A. 2018. Kontribusi Arsip dalam Rekonstruksi Sejarah (Studi di Keresidenan Jepara dan Tegal Abad Ke-19). ANUVA: Jurnal kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(2): 153-163.

Handoko, A. Fotografi dalam Wacana Historis. Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319839/pendidikan/Hand+out+sejarah+singka t+fotografi.pdf.

Iskandar, A, Sobarna, C, Mulyana, D & Risagarniwa, Y. 2014. Kajian Budaya Fotografi Potrait dalam Wacana Personalitas, Panggung : Jurnal Seni Budaya 24(3): 308-315.

KBBI Daring. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Kearsipan Universitas Padjadjaran. Kajian Ilmu Arsip. Diakses dari https://kearsipan.unpad.ac.id/kajian-ilmu-arsip/

Leiden University Libraries. Digital Collections (Kassian Cephas). https://www.library.universiteitleiden.nl/

Lukman, F. F. 2017. Analisis Yuridis Terhadap Kasus Pelanggaran Hak Cipta (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Surabaya No: 262 K/Pdt.Sus-HKI/2016). Skripsi. Universitas Pelita Harapan Karawaci. Tangerang.

Matanasi, P. Kassian Cephas: Bumiputera Pertama yang Jadi Fotografer. Tirto.id. Diakses dari https://tirto.id/kassian-cephas-bumiputera-pertama-yang-jadi- fotografer-csF6.

Nurdin, P, Rani, M, Z & Suhandi. 1990. Pakaian Adat Tradisional Daerah Bengkulu, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Rahayu, S. 2015. Manfaat Hasil Belajar Inovasi Busana Etnik Sebagai Kesiapan Membuka Sanggar Busana. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sari, M, P & Hidayatulloh, A, R. 2020 Pengenalan Kebudayaan Indonesia melalui Fotografi Pada Akun Instagram “KWODOKIJO”. Jurnal Pendidikan Multimedia: Edsence (Education, Science, and Creative Technology) 2(2): 111-120.

Sofianto, K & Falah, M. 2020. Arti Penting Situs Astana Gede di Kabupaten Ciamis Bagi Masyarakat Jawa Barat, Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan 5(1): 15-36.

Sontani, U, T & Soehana, P, M. 2019. Implementasi Sistem Kearsipan Sebagai Faktor Determinan Efisiensi Kerja Pegawai. Manper: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 67-73.

Suara Gembira. 2020. Kuliah Mas Guruh Tentang Busana Indonesia Sungguhnya - Dari Batik Hingga Perkara Telanjang Dada. Diakses dari https://youtu.be/WtD1XBZgcX8.

Sudarma, I, K. 2014. Fotografi. Graha Ilmu. Yogyakarta. Sudjojo, M. 2010. Tak-tik Fotografi. Bukune. Jakarta.

Taryati, A & Puspitasari, F. 2018. Eksplorasi Jamur Ganoderma Applanatum dengan Hiasan Ruffle pada Busana Pesta Sore. Fesyen Perspektif 9(1): 96-108.

Tasyhar, M, Sucipto, W & Prihatin, S. 2013. Kearsipan 1, Bahan Ajar Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan SMK 2013.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009, Kearsipan. 23 Oktober 2009. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i2.5904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nabilla Putri Sulaiman, Maya Purnama Sari

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License