PERUBAHAN NOVEL CATATAN AKHIR KULIAH KARYA SAM MAULANA MENJADI FILM CATATAN AKHIR KULIAH SUTRADARA JAY SUKMO: KAJIAN EKRANISASI

Chrisdayanti Chrisdayanti, Mursalim Mursalim, Alfian Rokhmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan-perubahan yang terjadi pada novel Catatan Akhir Kuliah karya Sam Maulana menjadi film Catatan Akhir Kuliah sutradara Jay Sukmo berupa perubahan alur, tokoh, dan latar. Novel Catatan Akhir Kuliah adalah novel yang diterbitkan Januari 2014, berisi tentang kisah Sam, mahasiswa yang merasa salah jurusan kuliah hingga mendapat julukan “matelu” (mahasiswa telat lulus). Film Catatan Akhir Kuliah adalah film yang dirilis Juli 2015, menceritakan kisah Sam saat masa perkuliahannya di Institut Pertanian Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan kajian ekranisasi, yaitu penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Catatan Akhir Kuliah karya Sam Maulana dan film Catatan Akhir Kuliah sutradara Jay Sukmo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca, teknik menonton, dan teknik mencatat. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, perubahan alur novel menjadi film Catatan Akhir Kuliah untuk aspek penciutan alur sebanyak 40 penciutan, aspek penambahan alur sebanyak 37 penambahan, dan untuk aspek perubahan bervariasi alur sebanyak 30 perubahan bervariasi. Kedua, perubahan tokoh novel menjadi film Catatan Akhir Kuliah untuk aspek penciutan tokoh sebanyak 19 penciutan, aspek penambahan tokoh sebanyak 8 penambahan, dan untuk aspek perubahan bervariasi tokoh sebanyak 6 perubahan bervariasi. Ketiga, perubahan latar novel menjadi film Catatan Akhir Kuliah untuk aspek penciutan latar sebanyak 8 penciutan, aspek penambahan latar sebanyak 16 penambahan, dan untuk aspek perubahan bervariasi latar sebanyak 5 perubahan bervariasi.


Keywords


novel; film; ekranisasi

References


Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Carmila, S. D., Mursalim, M., & Rokhmansyah, A. 2018. Transformasi Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Aditya Mulya Menjadi Film Sabtu Bersama Bapak Karya Monty Tiwa: Kajian Ekranisasi. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 2(4), 381-388. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/1321

Chourmain, Imam. 2008. Acuan Normatif Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Al-Harmain Publishing House.

Damono, Sapardi Djoko. 2005. Pengangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Pusat Bahasa.

Damono, Sapardi Djoko. 2012. Alih Wahana. Jakarta: Editum.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Rosda Karya.

Eneste, Pamusuk. 1991. Novel dan Film. Jakarta: Nusa Indah.

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isnaniah, Siti. 2015. “Ketika Cinta Bertasbih Transformasi Novel ke Film” dalam Kawistara, Volume 5, No. 1, 2015, hlm. 23-35.

Maryanti, A., Hudiyono, Y., & Rokhmansyah, A. 2022. Alih Wahana Pada Alur Film Posesif Sutradara Edwin Ke Novel Posesif Karya Lucia Priandarini. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(3), 1126-1137. doi:http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.5835

Maulana, Sam. 2014. Catatan Akhir Kuliah. Yogyakarta: Bentang Belia (PT Bentang Pustaka).

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Nawawi, Hadari, Martini. 2006. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Garin. 1995. Kekuasaan dan Hiburan. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Nugroho, Garin. 2003. Rahasia Sukses Skenario Film-Film Box Office. Bandung: PT Mizan Pustakan

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santosa, Wijaya Heru dan Wahyuningtias. 2010. Pengantar Apresiasi Prosa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: CAPS.

Sudjiman, Panuti. 1998. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sukmo, Jay. 2015. “Catatan Akhir Kuliah”. http://www.viu.com/ott/id/id/all/video-indonesia-drama-movies-catatan_akhir_kuliah-1165092045?containerld=1581925480083 (diakses 6 Mei 2019).

Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.

Woodrich, Christopher Allen. 2016. “Implikasi Metodologi dari Teori ekranisasi George Bluestone dalam Buku Novels Into Film” dalam Jurnal Ilmiah Lingua Idea. Volume 7, No. 1, 2016, hlm. 1-21.

Wulansari, Devita. 2015. ”Ekranisasi Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye dan Film Bidadari-Bidadari Surga: Kajian Humaniora”. Skripsi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Tidak diterbitkan.

Yanti, Devi Shyviana Arry. 2016. “Ekranisasi Novel ke Bentuk Film 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra”. Skripsi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i4.4079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Chrisdayanti, Mursalim, Alfian Rokhmansyah

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License