TANGGAPAN ANAK TERHADAP LEGENDA PESUT MAHAKAM: KAJIAN RESEPSI SASTRA

Sae Sariana, Widyatmike Gede Mulawarman, Alfian Rokhmansyah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketertarikan anak terhadap legenda Pesut Mahakam, dilihat dari isi cerita, tokoh, dan amanat yang terkandung dalam cerita. Sumber data berupa hasil wawancara yang telah dilakukan terhadap responden Adapun responden yang dipilih ialah anak pada tahap operasional konkrit yaitu diusia 10-11 tahun sebanyak 39 orang. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Dengan sumber data penelitian berupa hasil wawancara yang telah dilakukan terhadap responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Data yang berupa ujaran dari responden mengenai tanggapan anak terhadap legenda Pesut Mahakam kemudian, dianalisis dan ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. Pertama, mengenai minat membaca cerita tradisional seperti legenda Pesut Mahakam yang cukup baik, hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan wawancara dan menghipotesiskan unsur pembangun cerita. Hal tersebut mampu membuktikan bahwa cerita legenda menarik bagi anak-anak, disamping kemajuan dunia sastra modern. Kedua, berdasarkan hasil analisis menyimpulkan bahwa pendapat anak usia 10-11 tahun mengenai isi cerita, dan amanat cukup argumentatif dan variatif.

Kata Kunci: tanggapan anak, legenda pesut mahakam, resepsi sastra

 

ABSTRACT

 

The research was intended to describe the child's interest in legend Pesut Mahakam, Judging from the content of the stories, characters, and discourses contained in the stories. A data source results from interviews that have been conducted with respondents. As for the respondents who are chosen are children at the concrete operational stage, which is 10-11 years of age as many as 39. The method used is qualitative descriptive. With research data sources resulting from interviews conducted with respondents. The data gathering technique used is the interview technique. The data in which the respondents responded to the child's response to the legend of the almighty then, was analyzed by deduction. Based on conclusive research. First, on the interest of reading traditional stories such as the well-developed legend Pesut Mahakam is evidenced with the child's ability to answer questions and trim the building blocks of the story. It proves that legends appeal to children, despite advances in modern literature. Second, analysis concludes that the opinions of 10-11  year  old respondents on the content of stories, characters, and speeches are sufficient and argumentative.

Keywords: child response, legenda pesut mahakam, literature reception


Keywords


tanggapan anak; legenda pesut mahakam; resepsi sastra

References


Chourmain, Imam. 2008. Acuan Normatif Penelitian Untuk Penulisan Skripsi., Tesis, Disertasi. Jakarta: Al-Haramain Publising House.

Danandjaja, James. 2003. Folklor Amerika: Cermin Multikultural yang Manunggal. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metode Penelitian Sastra: Epistemilogi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra: Teori, Langkah,dan Penerapannya. Yogyakarta: MedPress.

Gerintya, Scholastica. 2018. “77,6 Persen Responden suka Mendongeng, Anda Bagaimana? ” http=//tirto.id/776-persen-responden-suka-mendongeng-anda-bagaimana-dai 2 (diakses 23 Mei 2019).

Hetami, Fatma. 2010. “Resepsi Sastra dan Intertekstual Sebagai Alternatif pembelajaran Efektif dalam Mata Kuliah Drama Analysis”. Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan. Edisi September, 174-180 (2010).

Hadari, Nawawi. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Jabrohim. 2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karolus, Meike Lusye. 2013.Feminisme dalam Dongeng. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak: Dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Patilima, Hamid. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Prinsip-Prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rokhmansyah, A., & Nuryatin, A. 2020. Homosexual Responses In Semarang City Towards Andrei Aksana's Lelaki Terindah Novel. Prosiding 29th International Conference on Literature "Literature, Tourism, and Multicultural Education in the Industrial Era 4.0", 105-114. https://www.researchgate.net/publication/349380865_HOMOSEXUAL_RESPONSES_IN_SEMARANG_CITY_TOWARDS_ANDREI_AKSANA'S_LELAKI_TERINDAH_NOVEL

Sehandi, Yohanes. 2016. Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014.Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tarigan, Hendry Guntur. 2011. Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.

Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v5i4.3984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sariana Sae, Widyatmike Gede Mulwarman, Alfian Rokhmansyah

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License