PEMBENTUKAN HUMOR STAND UP COMEDY ONE-LINER INDRA FRIMAWAN (SUCI 5 KOMPAS TV): TINJAUAN STRUKTUR PRAGMATIK

Pandu Pratama Putra, Widyatmike Gede Mulawarman, Purwanti Purwanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan humor Stand Up Comedy One-liner yang dilakukan oleh Indra Frimawan, juara 3 dari kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Season 5 (SUCI 5) Kompas TV. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pola pembentukan humor sehingga mudah untuk dipelajari oleh orang awam yang memiliki latar belakang komedi yang minim. Tujuan tersebut didasarkan atas kesadaran bahwa tertawa merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pemaparan deksriptif. Sumber data penelitian ini adalah tuturan humor Indra Frimawan selama berada di kompetisi SUCI 5 Kompas TV. Penelitian ini berlangsung selama 1 Januari – 30 April 2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik sadap, rekam, dan catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode padan dengan teknik PUP pragmatis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua jenis penyimpangan praanggapan yang digunakan untuk membangun joke, yaitu: penyimpangan praanggapan struktur dan umum. Ragam penyimpangan praanggapan struktur yang ditemukan di dalam pembentukan joke adalah satu kali penyimpangan pada satu tuturan joke, dua kali atau lebih penyimpangan pada satu tuturan joke, penggunaan properti, dan penggunaan act-out. Ragam penyimpangan praanggapan umum yang ditemukan di dalam pembentukan joke dibedakan melalui pengetahuan masyarakat yang disimpangkan mencakup tentang kebiasaan masyarakat, dunia artis, fenomena khusus, iklan, dan lagu.

 

Kata kunci: stand up comedy, one-liner, SUCI 5, pragmatik

 

 

ABSTRACT

This research is conducted to know about humor establishment of Stand Up Comedy One-liner which performed by Indra Frimawan as the third champion from Stand Up Comedy Indonesia season 5 (SUCI 5) Kompas TV competition. This research is also conducted to find out pattern of humor establishment to give the knowledge for the people which have low knowledge background about comedy. Those purposes mean that people must realize that laugh is important thing in our life. The research method which is used in this research is qualitative descriptive. The data source of this research is Indra Frimawan’s perform when he was in the competition at SUCI 5 Kompas TV. This research started from 1 January – 30 April 2018. Data collection method which used in this research are watch, record and taking note.  Data analysis method is equivalent method with PUP pragmatic technique. The result of this research shows that deviance presupposition that is used to establish joke there are two types of, they are structure deviance presupposition and the common one.  Types of structure deviance presupposition that found to make joke is once deviance on an utterances of joke, twice or more deviance on an utterances in joke, using properties and act-out. Types of deviance presupposition in commonly that found in make joke is divided throughout people’s knowledge which have deviance about people’s habit, entertainment, special phenomenon, advertisement, and music.

 

Keywords:  stand up comedy, one-liner, SUCI 5, pragmatic


Keywords


stand up comedy, one-liner, SUCI 5, pragmatic

Full Text:

PDF

References


Dean, Greg. 2012. Step By Step To Stand-Up Comedy. Jakarta: Bukune.

Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Wacana & Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama.

Karimah, Fatimah. 2011. “Hubungan antara Rasa Humor dengan Stres Kerja pada Wanita Bekerja”. Skripsi Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak Diterbitkan.

Notaslimboy, Sammy. 2013. Kelakar #TanpaBatas. Jakarta: Gagasmedia.

Papana, Ramon. 2012. Kiat Tahap Awal Belajar Stand Up Comedy Indonesia; Kitab Suci. Jakarta: Mediakita.

Prakasa, Ernest. 2012. dari Merem ke Melek; Catatan Seorang Komedian. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Rahardi, R. Kunjana. 2010. Pragmatik; Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rahmanadji, Didiek. 2007. “Sejarah, Teori, Jenis, dan Fungsi Humor” dalam Jurnal Bahasa dan Seni, Vol.35, No.2 (2007) https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/ 41878158/Sejarah-Teori-Jenis-dan-Fungsi-Humor.pdf (diunduh 23 September 2017).

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa; Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarya: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Sugono, Dendy, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v2i4.1464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pandu Pratama Putra, Widyatmike Gede Mulawarman, Purwanti

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License