Representasi Budaya Sumatera Selatan dalam Film Pendek “Lenget”

Eduar Eduar

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu meneliti dan mendeskripsikan nilai budaya yang direpresentasikan dalam film “Lenget”. “Lenget” merupakan sebuah film pendek berbahasa Melayu Palembang yang diproduksi oleh Komunitas Layar Taman dan dirilis pada tahun 2021. Sumber data dalam penelitian ini adalah film “Lenget” dengan data yang digunakan berupa potongan gambar dari adegan atau scene dalam film tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce yang membagi tanda berdasarkan symbol, object, dan interpretant yang dikenal sebagai segitiga triadik. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan pendekatan semiotik Charles Sanders Peirce maka ditemukan empat data yang merepresentasikan nilai budaya dalam film “Lenget”. Film “Lenget” merepresentasikan budaya pakaian adat, penggunaan bahasa, bentuk rumah yang masuk ke dalam kategori sistem bahasa, kesenian, dan juga organisasi sosial. Temuan tersebut dapat dilihat dalam analisis penelitian yang sudah dilakukan.  

Kata kunci: Semiotika, Budaya, Representasi, Film


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dkk. (2009). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Barthes, R. (1983). Mythologies. New York: Hill & Wang.

Barthes, R. (1986.) Elements of Semiology. Translated from the French by Annette Lavers and Colin Smith. New York: HILL and WANG.

Bogdan, R. C. and Taylors K.B. (1992). Qualitative Researtch for Education An Introduction to Theory and Methods. Boston: Ally and Ba con Inc.

Chandler, D. (2007). Semiotics the Basic. Taylor & Francis e-Library.

Eco, U. (1986). A Theory of Semiotics. Indiana University Press

Hall, S. (1997). Representation: Cultural representations and signifying practices (Vol. 2). Sage.

Inrasari, D. (2015). Representasi Nilai Budaya Minangkabau dalam Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”(Analisis Semiotika Film). Makasar: Universitas Islam Negeri Alaudin.

Koentjaraningrat, P. (1983). Pengantar llmu Antropologi, PT. Aksara Baru, Jakarta.

Murdiati, E. (2015). Antropologi Budaya. Palembang: Noer Fikri Offset.

Pratista, H. (2017). Memahami Film-Edisi 2. Montase press.

Puspitasari, D. R. (2021). Nilai Sosial Budaya Dalam Film Tilik (Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 15(1).

Rahardjo, D. (2016). Representasi Budaya Populer dalam Film “Slank Nggak Ada Matinya” Karya Fajar Bustomi. Ejournal Ilmu Komun, 4(3), 344 – 358

Sariya, S. (2021). Analisis Semiotika Representasi Budaya Dalam Film Dokumenter Cerita Budaya Desaku Paya Dedep. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL], 1(4).

Setiadi, E. M. (2017). Ilmu sosial & budaya dasar. Kencana.

Sobur, A. (2001). Analisis teks media: suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik dan analisis framing. Remaja Rosdakarya

Sobur, A. (2001). Analisis teks media: suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik dan analisis framing. Remaja Rosdakarya

Tazakka, M. S., Dewa, R. P., & Putro, A. A. R. (2020). Representasi Nilai-Nilai Budaya Jawa Pada Film (Studi Semiotika Representasi Nilai-Nilai Budaya Jawa Pada Film “Mantan Manten” Karya Farishad Latjuba). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 161-177.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.13542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eduar Eduar

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License