BINTANG YANG TERTUKAR: REPRESENTASI RAS DAN MASKULINITAS DALAM DUA IKLAN NIVEA MEN

Indrawan Dwisetya Suhendi

Abstract


Artikel ini membahas representasi ras dan maskulinitas dalam dua video komersial Nivea Men yang menampilkan Bambang Pamungkas dan Richard Kyle sebagai bintang iklannya. Produk seri Nivea Men yang dipromosikan dalam video tersebut adalah Nivea Men Acne Control Brightening Facial Foam dan Nivea Men Deodorant. Pembahasan didekati melalui perspektif ras, gender, dan semiotika. Menggunakan metode deskriptif-kualitatif, penelitian ini juga mempertimbangkan teori fetisisme McClintock (sebagaimana dibahas dalam Priyatna, 2013), teori maskulinitas ideal Vacker dan Key (1993), dan teori mitos Barthes (2004). Studi ini menemukan bahwa video tersebut menunjukkan ideologi rasis, yang diwakili oleh kemeja putih yang dikenakan oleh Richard Kyle dan cermin sebagai cerminan dari keinginan untuk menjadi putih. Selain itu, gagasan rasisme dalam video tersebut juga terkait dengan gagasan maskulinitas yang dikemukakan oleh pemilihan aktor yang membintangi video tersebut, yaitu Richard Kyle—sebagai representasi dari keputihan—dan Bambang Pamungkas—sebagai representasi dari non- putihnya.


Keywords


ras, maskulinitas, iklan komersial, Nivea Men

Full Text:

PDF

References


Barthes, R. (2004). Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Bassnett, M. (2009). Masculinity in Magazine Advertisement: Is It in the Eye of the Beholder?.

Tuscaloosa: The University of Alabama.

Beynon, J. (2002). Masculinities and culture. Buckingham: Open University Press.

McClintock, A. (1995). Imperial Leather: Race, Gender, and Sexuality in the Colonial Contest. New York: Routledge.

McGrath, M.D. (2006). The New Male Consumer:Appearance Management Product Advertising and the Male Physical Ideal in Mens Interest Magazines from 1965-2005 (Doctoral dissertation, Florida State University).

Niveamen.co.id. (2016). Nivea Men Indonesia. Tersedia di: www.niveamen.co.id, 8 Mei 2017.

Priyatna, A. (2013). Becoming White: Representasi Ras, Kelas, Femininitas, dan Globalitas dalam Iklan Sabun. Bandung: Pustaka Mentari.

Quine, O. (2017). 10 best men’s skincare products. independent.co.uk. Tersedia di:

http://www.independent.co.uk/extras/indybest/fashion-beauty/best-mens-skincare-products-9683927.html 2 Oktober 2017.

Ramadhan, Y. P. (2012). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Man Toiletries. Depok: Universitas Indonesia.

Top Brand Award, 2017. Top Brand Award. Tersedia di: http://www.topbrand-award.com/top-brand- survey/survey-result/top_brand_index_2017_fase_1, 8 Mei 2017.

Vacker, B. & Key, W. R. (1993). Beauty and the Beholder: The Pursuit of the Beauty Through Commudities. Psychology & Marketing, 10(6). Hlm: 471-494.

YouTube. (2016). Nivea Men Acne Control Brightening Foam TVC with Bepe & Richard Kyle. Tersedia di: https://www.youtube.com/watch?v=jr1o7KclU3Y, 8 Mei 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i4.11540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indrawan Dwisetya Suhendi

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License