GANGGUAN MENTAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI: PERSPEKTIF PSIKOLOGI EKSISTENSIALISME

Eka Yusriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah struktur novel Nadira karya Leila S. Chudori serta mendeskripsikan gangguan mental eksistensial tokoh utama dalam novel. Penelitian ini adalah penelitian psikologi sastra yang bertolak dari telaah struktur, aspek sintaksis dan semanti, sebagai lintasan analisis gangguan mental. Aspek sintaksis menelaah struktur naratif Greimas, yaitu skema aktansial dan fungsional sementara aspek semantis menerapkan analisis tokoh. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian adalah kalimat, paragraf, serta wacana gangguan mental yang bersumber dari novel Nadira karya Leila S. Chudori tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telaah struktur naratif, aspek sintaksis dan semantik, dilakukan untuk menyorot peristiwa demi peristiwa yang menunjukkan gangguan mental tokoh Nadira. Gangguan mental yang dialami Nadira berupa stress, depresi, dan trauma, mengarah pada gangguan kepribadian dan berdampak pada pola pengalaman dan perilaku tidak wajar. Pada puncaknya mencapai kehampaan makna hidup. Dalam keadaan demikian, manusia mengalami transendensi, yaitu mengingat Tuhan untuk berserah diri meminta petunjuk dari kesesatan pikir dan perilaku.


Keywords


Linguistics

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2002. Analisis Eksistensial Untuk Psikologi dan Psikiatri. Bandung: PT Refika Aditama.

Atmaja, Made Jiwa. 2015. “Wacana Sastra dan Bukan Wacana Sastra dalam Perspektif Naratologi” dimuat dalam jurnal Pustaka volume XV. Nomor 1. Pebruari 2015 Hlm. 1-20. Denpasar: Fakultas Sastra Universitas Udayana.

Aminuddin. 1990. Sekitar Masalah Sastra Beberapa Prinsip dan Model Pengembangannya. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Chudori, Leila S. 2015. Nadira. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Darma, Budi. 2009. “9 dari Nadira” dimuat dalam majalah Tempo edisi 6 Desember 2009, hlm 44.

Eliastuti, M., & Christianto, C. N. (2023). “Citra Wanita Tokoh Utama pada Novel Nadira Karya Leila S. Chudori”. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 59-73.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Fajriani R, N. (2019). “Eksistensi Perempuan dalam Novel Nadira Karya Leila S. Chudori Berdasarkan Feminisme Simone de Beauvoir” (Jurnal Skripsi, Universitas Negeri Makassar).

Hassan, Fuad. 1976. Berkenalan dengan eksistensialisme. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Koswara, E. 1987. Psikologi Eksistensial. Bandung: PT. Eresco.

Mahayana, Maman S. 2014. Kitab Kritik Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Murtanto, Yudhi. 2002. Eksistensialisme dan Humanisme. Diterjemahkan dari judul buku Existentialism and Humanism karya Jean Paul Sartre. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muzir, Inyiak Ridwan. 2013. Personality Theories: Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia. Diterjemahkan dari judul buku Personality Theories karya George C. Boeree. Jogyakarta: Primsmasophie

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Triadnyani, I Gusti Ayu Agung Mas. 2014. “Fenomena Rangda dan Pemaknaannya: Kajian Hermeneutika Ricoeur dalam Teks Calon Arang dan Novel Janda dari Jirah”. Disertasi. Depok: Universitas Indonesia.

Wellek, Rene and Austin Warren. 1977. Theory of Literature. New York: Harcourt, Brace and Company.

Wijayanti, A. (2017). “Fakta-Fakta Cerita dan Tema dalam Novel Nadira Karya Leila S. Chudori: Analisis Struktur Novel Model Robert Stanton” (Skripsi, Universitas Gadjah Mada).

Yusriansyah, E., & Nym, I. Darma Putra, dan IGAA Mas Triadnyani. 2020.“Belenggu Jiwa: Kajian Psikologi Sastra Novel Pulang Karya Leila S. Chudori.”. Ramanujan Journal, 2(2), 1-15.

Zaimar, Okke Kusuma Sumantri. 2014. Semiotika dalam Analisis Karya Sastra. Depok: PT Komodo Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i4.11538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eka Yusriansyah

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License