EKSPRESI VERBAL DOSEN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS MULAWARMAN TERHADAP KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA

Ahmad Mubarok

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ekspresi verbal dan persepsi melalui kajian linguistik. Subjek penelitian ini adalah ekspresi verbal dan persepsi dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman terkait program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Penelitian kuantitatif akan dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada dosen-dosen PNS baru yang berhubungan dengan konsep merdeka belajar-kampus merdeka. Pertanyaan yang disampaikan dalam kuesioner dirancang sedemikian rupa untuk menggali pengetahuan dosen tentang kampus merdeka. Terdapat 18 orang dosen dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Sebagian besar dari mereka mengetahui program tersebut dan memberikan respon yang positif terhadapnya. Ekspresi verbal yang muncul mayoritas cenderung positif, hanya sedikit yang cenderung negatif.

Persepsi dosen-dosen Fakultas Ilmu Budaya juga bervariasi dalam menanggapi program ini, namun sebagian besar dari mereka memiliki pandangan positif terhadap program yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Keywords


Linguistics

Full Text:

PDF

References


Ariawantara, Putu A.F. 2020. “Kritik Terhadap Kampus Merdeka”. Jawa Pos, Edisi 28-01-2020.

Arifin, Syamsul dan Moh. Muslim. 2020. “Tantangan Impelemntasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, Vol. 3, No. 1, Hlm. 1—11.

Firmansyah, Manda. 2020. “Ganjalan dalam Kebijakan SKS Kampus Merdeka ala Nadiem Makarim”. Sumber: https://www.alinea.id/nasional/ganjalan-dalam-kebijakan-sks-kampus-merdeka-nadiem-makarim-b1ZHQ9rky diakses pada 26/06/2021.

Kemendikbud. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Lakoff, George & Mark Johnson. 1980. Metafora We Live By. Chicago: The University of Chicago Press.

Ronald W. Langacker. 1987. Foundations of Cognitive Grammar (Volume 1). California: Stanford University Press.

Rudzka-Ostyn (ed.). 1988. Topics in Cognitive Linguistics. Amsterdam: John Benyamins.

Sambo, Hakiki Ruslan. 2018. Ekspresi Verbal Dan Nonverbal Customer Cgv Cinemas Focal Point Medan Terhadap Carry Bullying Pada Instagram. Universitas Medan Area. Skripsi : tidak dipublikasikan.

Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, Arsikal Amsal Harahap. 2020. “Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0”. Fitrah Jurnal of Islamic Education, Vo. 1, No.1, Hlm. 141—157.

Sudaryanto, Wahyu Widayanti, Rizca Amalia. 2020. “Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia”. Kode Jurnal Bahasa, Vol. 9, No. 2, Hlm. 78—93.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i4.11536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Mubarok

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License