IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MINAPOLITAN BAGI PETANI IKAN DI DESA MALINAU SEBERANG KECAMATAN MALINAU UTARA KABUPATEN MALINAU

Yagus ., Achmad Djumlani, Syahrani .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pengembangan Minapolitan bagi petani ikan,untuk mengetahui bagaimana manfaat pengembangan Minapolitan bagi petani,untuk mengetahui faktor pendukung dari pengembangan Minapolitan. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi kebijakan pengembangan Minapolitan bagi petani ikan cukup besar dengan pelaksanaan kebijakan yang telah berjalan sesuai dengan program diantaranya pemberian bantuan percetakan kolam setiap tahunnya, bantuan bibit ikan kepada petani, bantuan pemberian dana hibah kepada petani, pembukaan akses jalan menuju Minapolitan, dan program kebijakan lainnya untuk mendukung dan mendorong para petani dan para minabisnis meningkatkan produksi dan pembudidayaan ikan menjadi lebih produktif guna meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat. Kegiatan pengembangan Minapolitan di Desa Malinau Seberang membawa manfaat dan memberi kontribusi positif bagi peningkatan pendapatan dan perekonomian masyarakat. Bahwa perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah terhadap pengembangan Minapolitan yang berada di Desa Malinau Seberang Kecamatan Malinau Utara cukup besar. Hal tersebut ditunjukkan dengan program membuka akses jalan menuju kawasan minapolitan yang memadai dan representatif, tersedianya jaringan listrik, tersedianya jaringan air bersih, tersedianya industri pengolahan perikanan, dan kegiatan lainnya guna mendukung pengembangan usaha Minapolitan.Masalah dan hambatan dalam pengembangan Minapolitan yang dihadapi petani ikan diantaranya; masalah SDM petani ikan yang masih rendah, harga pakan ikan yang mahal, kurangnya penyuluhan yang dilakukan oleh pemerintah, harga bibit ikan yang mahal, masalah pemasaran hasil perikanan yang masih kalah bersaing dengan harga ikan yang berasal dari luar daerah karena harga jual yang lebih murah, serta anggaran bantuan kepada petani ikan yang kecil. 


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2004. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintahan Daerah.

Abdul Wahab, Solichin 2000.Analisis Kebijakan Negara, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara, edisi kedua, bumi aksara Jakarta

Abdurahmat Fathoni,2006. Organisai dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah(2011). Masterplan Kawasan Minapolitan Kabupaten Gresik

Bustami, Marina (2010). Minapolitan Tatapan dan Pelestarian Kawasan Konservasi[Internet].

Bintoro, 1985. Pengantar Administrasi Pembangunan,LP3ES, Jakarta.

Dunn,William N, 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi ke dua. Gajah Mada University, Press Yogyakarta.

Dwiyanto, Agus,1995, Penelitian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik, Makalah Seminar Kinerja Organisasi Publik Yang Diselenggarakan Oleh Jurusan Administrasi Negara Fisipol UGM, Yogyakarta, 20 Mei 1995.

Islamy Irfan, 2003.Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara, Jakarta, Bumi Aksara.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indionesia (2010).Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 12 tahun 2010 tentang Minapolitan.

Miles B. Mathew. Huberman A. Micheal. 1992. Analisis Data Kualitatif, Jakarta.

Moleong, MA Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya.

Osborne, David and Gaebler Ted, 1997.Mewirausahakan Birokrasi, Reinventing Government, Transformasi Semangat Wirausaha Kedalam Sektor Publik, penterjemah Abdul Rosyid, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Pranarkha, AMW dan Prajoyo, Onny, S., 1996. Pemberdayaan Konsepsi Kebijakan dan Implementasi.CSIS. Jakarta.

Wahab, Solichin Abdul. 2002 Analisis Kebijakan Publik, Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Winarno, Budi. 2004. Teori dan Proses Kebijakan Publik, Cetakan Ke-2, Yogyakarta, Media Presindo.

Walgito, Bimo. 1980. Psikologi Sosial, edisi revisi, Yogyakarta, Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Widjaja A.W, 1995. Titik Berat Otonomi Pada Daerah Tingkat II, PT, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Yuwono, Teguh. 2001. Manajemen Otonomi Daerah: Membangun Daerah Berdasarkan Paradigma Baru, Clogpps Diponegoro University, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v3i1.564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License