Penelusuran Minat Karir Millennial

Agustin Handayani, Joko Kuncoro, Rohmatun Rohmatun

Abstract


Banyaknya siswa yang memilih dan masuk jurusan SMK setelah mereka lulus dari SMP salah satu faktor penyebab utamanya adalah rendahnya status sosial ekonomi dari kedua orangtua. Tetapi sayangnya angka keterserapan lulusan SMK di Indonesia masih belum banyak atau masih masuk kategori pengangguran yang tinggi. Kenyataanya tidak sedikit siswa SMK seringkali mengalami hambatan dalam menentukan pengembangan karir masa depannya dikarenakan dalam memilih karisr tidak mempertimbangkan dari segi kemampuan, minat dan juga kepribadian. Dan salah satu tugas perkembangan remaja adalah mempersiapkan karir sesuai dengan minat dan bakatnya. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat Ji adalah semua siswa SMK Islam Al Bisyri Semarang dengan jumlah 61 siswa. Salah satu strategi solusi yang ditawakan adalah pemberian tes RMIB (Rothwell Miller Interest Blank). Pada siswi minat karir yang menonjol adalah mekanik dan medik sedangkan pada siswa adalah musik. Baik siswa maupun siswi mempunyai minat besar yang seimbang pada bidang klerikal.

Keywords


minat, bakat, kematangan karir

Full Text:

PDF

References


Brown, D. (Ed.). (2002). Career choice and development. John Wiley & Sons.

Carless, S. A., & Fallon, B. (2002). The Relationship between Rothwell-Miller Interest Categories and Abilities. Australian Journal of Career Development, 11(1), 27-31.

Gallup, I. (2016). How millennials want to work and live.

Goddard, R., Simons, R., Patton, W., & Sullivan, K. (2004). Psychologist hand-scoring error rates on the Rothwell–Miller Interest Blank: A comparison of three job allocation systems. Australian Journal of Psychology, 56(1), 25-32.

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi perkembangan: suatu perkembangan sepanjang rentang kehidupan. Edisi Keenam, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Insights, D. (2019). Deloitte's 2019 Global Blockchain Survey. Blockchain Gets Down to Business. Deloitte.

Kazi, T. B., & Indermun, V. (2014). Do interest inventories accurately predict the kind of work in which individuals will be satisfied: definitions, trends and application within a South African context.

Larasati, N., & Kardoyo, K. (2016). PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN SELF-EFFICACY TERHADAP CAREER MATURITY SISWA KELAS XII SMK DI KABUPATEN KUDUS. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 747-747.

Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Olds, S. W. (2009). Human development. McGraw-Hill.

Purworahayu, D., & Rusmawati, D. (2018). HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA SMA NEGERI 1 KEMANGKON DI KABUPATEN PURBALINGGA. Empati, 7(2), 321-327.

Rustanto, A. E. (2017). Kepercayaan diri dan efikasi diri terhadap kematangan karir mahasiswa di politeknik LP3I Jakarta Kampus Jakarta Utara. JURNAL LENTERA BISNIS, 5(2), 1-11.

Utomo, W. P. (2019). Indonesia Millennial Report 2019. Indonesia: Idn Research Institute.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agustin Handayani, Joko Kuncoro, Rohmatun Rohmatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id