Pola Asuh Efektif Di Era Digital

Hairani Lubis, Afif Husniyatur Rosyida, Nikmatul Hidayati Solikhatin

Abstract


Pada era digital saat ini para orang tua harus memilih pola asuh yang efektif untuk sang anak agar terhindar dari program distrak yang dapat memicu perilaku menyimpang. Untuk itu dilakukannya sebuah penyuluhan Psikoedukasi pada masyarakat mengenai “pola asuh yang efektif di era digital” yang dilakukan selama 120menit terhadap 50 orangtua/guru di Kecamatan Sungai Pinang serta Kantor Pemberdayaan Perempuan Provinsi Kalimantan Timur. Orangtua harus memahami bahwasannya perangkat lunak dan media digital tidak dapat lepas sepenuhnya pada era sekarang ini, sehingga orangtua sebaiknya mengawasi anak dengan sebaik mungkin gara anak tidak salah menggunakan perangkat dan media digital tersebut. Hal ini membutuhkan ekstra tanggung jawab karena semakin hari semakin canggih perangkat dan media digital yang digunakan.Awal kesalahan pertama apabila orangtua menyerahkan keputusan menggunakan perangkat dan media digital sepenuhnya kepada anak, sehingga diperlukannya perilaku berkomunikasi internal keluarga untuk melindungi anak dari penggunaan perangkat digital dan paparan media digital. Setelah diberikannya penyuluhan orangtua dapat mengetahui pengaruh gadget pada perkembangan anak, fakotr-faktor anak dapat mengalami kecanduan gadget dan pemilihan pola asuh yang efektif dalam era digital.

Keywords


gadget, pola asuh, perkembangan anak

Full Text:

PDF

References


Chusna, P. A, (2017), Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315-350

Elfiadi, (2018) Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. ItQan, 9(2).

Handrianto, P. (2013). Dampak Smartphone. Diakses tanggal 13 Oktober 2019, dari http://sainsjournalfst11.web.unair.ac.id

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2016) Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta:

Law Justice (2018, 26 Febuari). Remaja Yogya Tewas Akibat Kecapean Bermain game Online. Diakses tanggal 13 Oktober 2019, dari https://www.law-justice.co/

Masya. H, & Candra. D, A., (2016) Faktor-Fator Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta DIdik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 03(1), 153-169.

Official iNews (2019, 25 Juli). Vicko, Bocah yang Alami Kecanduan Gadget hingga Mata Memerah. Diakses tanggal 13 Oktober 2019, dari https://www.youtube.com/

Papalia., D, E. (2004). Human Development, (9th ed), Mc Graw Hill, New York.

Purba, D. O. (2019, 1 April). Kecanduan Game Online, 5 Anak di Jember Jalani Perawatan Kejiwaan. Kompas.com. Diakses tanggal 13 Oktober 2019, dari https://regional.kompas.com/

Setiyaningrum. Erna, (2017), Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Tahun. Dari Indoensia Pustaka. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2019, dari https://www.academia.edu/36608746/Buku_Ajar_Tumbuh_Kembang_Anak_Usia_0-12_Tahun

Surnati. Kustiah, (2016), Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Journal of EST. 2(3) 152-160

Untari, P. H. (2019, 22 Mei). 2018 Pengguna Internet Indonesia Paling Banyak di Usia 15-19 Tahun. Okezone. Diakses tanggal 13 Oktober 2019, dari https://techno.okezone.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat)

Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.