Pola Asuh Ibu Pada Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun

Rita Puspa Sari, Hasmiati Hasmiati, Ruminem Ruminem

Abstract


Pendahuluan : Penerapan pola asuh oleh  keluarga khususnya oleh Ibu sangat berpengaruh dalam tahapan perkembangan anak. Tujuan Penelitian : mengidentifikasi perkembangan sosial pada anak usia 4-5 tahun dan mengidentifikasi pola asuh yang diterapkan ibu pada perkembangan sosial anak usia 4-5 tahun.

Metodologi Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional, menggunakan metode Deskriptif, dengan desain kuantitatif survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 ditentukan secara acak.

Hasil Penelitian : Pola asuh yang paling banyak diterapkan ibu pada anak usia 4-5 tahun yaitu pola asuh demokratis berjumlah 48 ibu (80%). Perkembangan sosial anak berada pada rentang perkembangan sosial tinggi berjumlah 30 anak (50%) dan perkembangan sosial sedang 30 anak (50%).

Diskusi : Responden dalam penelitian ini mayoritas menerapkan pola asuh demokratis dan anak usia 4-5 tahun memiliki  perkembangan sosial seimbang antara perkembangan sosial tinggi dan sedang. Diharapkan ibu dapat menerapkan pola asuh terbaik dan tepat bagi  anak  akan berguna dan berpengaruh positif pada perkembangan anak.

 

Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan Sosial, Anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

References


Ahsan, dkk. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua (Ibu) Yang Bekerja Dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di Tk Mutiara Indonesia Kedung Kandang Malang. Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya.

Ananda, Citra Ayu. (2017). Pola Asuh Orangtua Di Paud Nurila Samarinda Seberang. Skripsi tidak dipublikasikan. Samarinda: Fakultas Ilmu Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Samarinda.

Ariyana, Desi R dan Nur Setya Rini. (2009). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak dengan Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 semarang. Vol.2 No.2, Maret 2009.

Azam, Ulul. (2016). Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah ed.1. Yogyakarta : Deepublish.

Fatimah, Tri. (2017). Gambaran Pola Asuh Ibu pada Anak yang Sulit Makan Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) di Taman Kanak-kanak Persada Desa Bhuana Jaya Kec. Tenggarong Seberan. KTI tidak dipublikasikan. Samarinda: Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Gunarsa, Singgih D & Yulia Singgih D. Gunarsa .(2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Habibi, Muazar. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini ed.1. Yogyakarta : Deepublish.

Hastuti, Dwi dkk. (2011). Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Balita Di Daerah Rawan Pangan. Vol.4 No.1, Januari 2011.

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Kusuma, Fika Meilany. (2017). Gambaran Tingkat Pengetahuan Orangtua Tentang Penyakit Diare pada Balita di Puskesmas Mangkupalas Samarinda Seberang. KTI tidak dipublikasikan. Samarinda: Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Mahanani, Mamik. (2015). Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Birit Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarya.

Maulana, Heri D.J., Egi, Komara Yudha. (Eds). (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Padmonodewo, Soemiarti. (2008). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Permatasari, Cefti.L., Dwi Hastuti. (2013). Nilai Budaya Pengasuhan Penerimaa-Penolakan, dan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-5 Tahun pada Keluarga Kampung Adat Uug, Bogor. Vol.6. No.2. kel.& Kons. Mei 2013, p : 91-99

Prawira, Purwa Atmaja. (2016). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Ranuh, IG.N. GDE. (2013). Beberapa Catatan Kesehatan Anak. Jakarta : CV Sagung Seto.

Rita, Eka Izzaty dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.

Sudarwan, Denim. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Alfabeta.

Suharsono, Joko Tri dkk. (2009). Hubungan Pola Asuh Ortangtua Terhadap Kemampuan Sosialisasi pada Anak Pra Sekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Vol.4 No.3, November 2009.

Sumitro. (2009). Pola Asuh Kombinasi Cara Mendidik Anak Yang Lebih Baik. https://creasoft.wordpress.com/2009/02/02/pola-asuh-kombinasi-cara-mendidik-anak-yang-lebih-baik-2/

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Syah, Muhibbin. (2016). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rajawali Pers.

Ulfah, Maria. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja Terhadap Perkembangan Kepribadian Remaja di SMA KH.Dewantoro Pinang Kota Tangerang. Skripsi tidak dipublikasikan. Jakarta: Jurusan Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Utami, Rahayu Budi. (2008). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Nganjuk. Thesis tidak dipublikasikan. Surakarta: Fakultas Magister Kedokteran Keluarga Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Vinayastri, Amelia. (2015). Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Vol.3 No.1, Januari – Agustus 2015.

Wahab, Rohmalina. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Yusuf, Susi Febriani. (2015). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Padangsimpun : Darmais Pres.

Zainuddin, Ansar. (2017). Pengertian dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Keluarga.

www.kumpulanmakalah.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/j.kes.pasmi.kal.v2i1.3479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

 https://upload.unmul.ac.id/uploads/e2a1Google-Scholar.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/e2a1Garuda.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/6e88Ios.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/6e88Base.png