Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game “The Relationship”

Miftah Fauzan Rahadian, Addy Suyatno, Septya Maharani

Abstract


Finite State Machine (FSM)adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State(Keadaan), Event(kejadian) dan action(aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan sangat mudah diterapkan pada game “The Relationship”. Game ini merupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp). Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game dengan menerapkan metode finite state machineuntuk menentukan respon karakter non-player characteryang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan oleh pemain.


Keywords


Game, Finite State Machine, C#, Unity3D

Full Text:

PDF

References


Costikyan, Greg. 2013. Uncertainty in Games (Playful Thinking).MIT Press.

Ekaputra, Valentino. 2014. Analisis dan Perancangan Aplikasi Game Multiplayer Life Simulation “Pet Master”Menggunakan Game Engine Unity3D. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Hikam, Arif Rahman. 2013. Pengembangan GameEdukasi Visual Novel berbasis Pembangunan Karakter pada Materi Pelestarian Lingkungan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Setiawan, I. 2006. Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rostianingsih, Silvia. 2013. GameSimulasi Finite State MachineUntuk Pertanian dan Peternakan. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Utari, Dely. 2012. Analisis Dan Implementasi Algoritma Backtracking Pada Permainan Hangman. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Wijaya, Surya Adi. 2009. Fuzzy State Machine Untuk Menghasilkan Variasi ResponNpc (Non-Playable Character) Pada Game. Tesis. Surabaya: Institut Teknologi Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v11i1.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.