Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Kategori Uang Kulliah Tunggal Dengan Metode Multifactor Evaluation Process (Studi Kasus : Universitas Mulawarman)

Friandy Dwi Noviandha, Indah Fitri Astuti, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Upaya meringankan beban mahasiswa terhadap pembiayaan pendidikan, Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh pada 23 Mei 2013 telah mengeluarkan ketetapan mengenai besarnya Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 55 Tahun 2013 tertanggal 23 Mei 2013. UKT merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya. Setiap perguruan tinggi tentu mempunyai besaran UKT yang berbeda. UKT ditetapkan berdasarkan biaya kuliah tunggal dikurang biaya yang di tanggung oleh pemerintah. Biaya kuliah tunggal (BKT) merupakan keseluruhan biaya operasional per mahasiswa per semester pada program studi di perguruan tinggi negeri. Universitas Mulawarman (UNMUL) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kemdikbud yang berada di kota samarinda yang menerapkan sistem UKT. Berdasarkan surat Dirjen Dikti nomor : 272/E1.1/KU/2013 tentang uang kuliah tunggal, tarif UKT dibagi atas 5 kelompok, dari yang paling rendah (kelompok 1) sampai yang paling tinggi (kelompok 5), sehingga diperlukan aplikasi komputasi yang dapat membantu penentuan kelompok besaran UKT bagi mahasiswa baru. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan menggunakan metode Multifactor Evaluation Process (MFEP). Kriteria penentuan kelompok yang digunakan pada aplikasi ini ada tujuh, yaitu : pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua, tagihan pajak bumi & bangungan (PBB), tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan air, dan pajak kendaraan bermotor (PKB). Dengan mengimplementasikan metode MFEP dan ketujuh kriteria tersebut, maka dihasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk penentuan kelompok UKT di Universitas Mulawarman.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Multifactor Evaluation Process (MFEP); Uang Kuliah Tunggal (UKT); Universitas Mulawarman (UNMUL).

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55. (2013). Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Bustami. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan UKT (Uang Kuliah Tunggal) Menggunakan Metode Fuzzy TOPSIS. Aceh.

Daihani, D. U. (2001). Sistem Pendukung Keputusan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fathansyah. (2012). Basis Data. Bandung: Informatika.

Kosasi, S. (2002). Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). Pontianak: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Oetomo, B. S. D. (2002). Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi. (Edisi 1). Yogyakarta: ANDI.

Render, B., & Stair, M. R. J. (2002). Quanitative Analysis for Management (7th ed.). New York: Prentice Hall.

Sudiyantoro. (2005). Konsep Pendukung Keputusan. Jakarta: Gramedia.

Turban, E. (2005). Decision Support System and Inteligent Systems (7th ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v13i2.1552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.