Learning Motivation in Students in Online Lectures Reviewed from Social Support

Helda Azmy Astuty, Miranti Rasyid, Aulia Suhesty

Abstract


In the online classroom, students were often faced with different learning challenges than before, so this requires a higher learning motivation compared to studying in the class. One of the biggest challenges faced by students during the online learning period is limited interaction, so they only rely on the internet network to complete assignments. Because of limited interaction, students find it difficult to carry out discussions and learning that is less understandable, so this causes them to be less motivated in learning. This study aims to determine the relationship between social support and learning motivation in students in online lectures. This research method used a quantitative approach. The subjects in this study were 100 students of the Faculty of Social and Political Sciences, Mulawarman University class 2018, 2019, 2020, 2021 who were selected using simple random sampling technique. The data collection method used is the scale of social support and learning motivation. The data analysis technique used is the Product Moment correlation statistical test. The results showed that there was a significant relationship between social support and learning motivation in students in online lectures with a calculated r value of 0.720 > r table 0.197 and a sig value of 0.000 (p < 0.05) which indicates that there is a relationship. That is, the higher the social support, the higher the learning motivation, on the contrary, the lower the social support, the lower the learning motivation for students in online lectures.

Dalam mengikuti perkuliahan daring, mahasiswa seringkali dihadapkan pada tantangan belajar yang berbeda dari sebelumnya, sehingga hal ini memerlukan adanya motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan perkuliahan luring. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa di masa pembelajaran daring adalah interaksi yang terbatas, sehingga hanya mengandalkan jaringan internet dalam menyelesaikan tugas-tugas. Dengan interaksi yang terbatas, mahasiswa sulit melakukan diskusi dan pembelajaran yang kurang bisa dipahami, sehingga hal ini menyebabkan mereka kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar pada mahasiswa dalam perkuliahan daring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman angkatan 2018, 2019, 2020, 2021 yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala dukungan sosial dan motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa dalam perkuliahan daring dengan nilai r hitung 0.720 > r tabel 0.197 dan nilai sig 0.000 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial, maka semakin tinggi motivasi belajar, sebaliknya jika semakin rendah dukungan sosial, maka semakin rendah motivasi belajar motivasi belajar pada mahasiswa dalam perkuliahan daring.


Keywords


Social Support; Learning Motivation; Students; Online Lectures.

Full Text:

FULL TEXT

References


Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A (2020). Motivasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 120-128. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i2.5168

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik (edisi revisi). PT. Rineka Cipta.

Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (studi fenomenologis pada mahasiswa fakultas psikologi undip). Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 69-81. https://doi.org/10.14710/jpu.12.1

Adhawiyah, R., Rahayu, D., & Suhesty, A. (2021). The effect of academic resilience and social support towards student involvement in online lecture. Gadjah Mada Journal of Psychology, 7(2),212-224. http://dx.doi.org/10.22146/gamajop.68594

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui bimbingan konseling. Abe Kreatifindo.

Defitri, A, A., Zukhra, R. M., & Nopardi. (2021), Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19. Jurnal Kesehatan, 10(2), (287-296).

Dhitaningrum, M., & Izzati, U. A. (2013). Hubungan antara persepsi mengenai dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Psikologi, 1(1), 1-6. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/view/1887

Fadillah, M. A. (2020). Perspektif prospektif perkuliahan daring: kasus pembelajaran pendidikan sejarah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 168-180. Diakses dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9929

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Firman., & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. http://dx.doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gunarta, M. E. (2015). Konsep diri, dukungan sosial dan penyesuaian sosial mahasiswa pendatang di Bali. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 183-194. https://doi.org/10.30996/persona.v4i02.560

Hurlock., Elizabeth, B. (1993). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Erlangga.

Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Pustaka Belajar.

Rokhim., Rifqi, A., Yuwono, S., & Zuhri, S. (2013). Hubungan antara motivasi belajar dengan optimisme masa depan pada mahasiswa program twinning di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Surakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam.

Rosa, N. N. (2020). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar daring mahasiswa pada masa pandemi covid-19. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 147-153. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.146

Santrock., John, W. (2011). Perkembangan anak edisi 7 jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B). Erlangga.

Sarafino, E. P., Smith, T. W., King, D. B., & DeLongis, A. (2015). Health psychology: biopsychosocial interactionsi. Wiley.

Sari, D. P. (2021). Tingkat ketercapaian tugas perkembangan dewasa awal. Studi Deskriptif pada Mahasiswa IAIN Curup Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5,(2), 243-266. http://dx.doi.org/10.29240/jbk.v5i2.3330 http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JBK

Sigalingging ,V. Y., Pakpahan, R. E., & Tampubolon, H. C. (2021). Hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar online mahasiswa Prodi Ners. Jurnal Keperawatan Notoksumo. 9(1).

Suciani, D., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(2), 43-47. Diakses dari https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/UEU-Journal-10730-11_0032.pdf

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Uno, H. B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Winei, A. A. D. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Kateketik dan Patoral, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.53544/sapa.v6i1.231

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran selama masa karantina covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37-45. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i2.9251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id