Overcoming Saturation to Improve Student Learning Concentration Due to Online Learning

Andra Riyandi Dwitama, Hairani Lubis, Aulia Suhesty

Abstract


The Large-scale social restrictions in Samarinda due to the Covid-19 pandemic has caused learning and teaching activities to only be carried out online from their own homes. This limited learning method only through screens causes students to experience burnout in learning, to overcome this it is necessary to have high concentration of learning to stay focused on learning. This study aims to empirically test whether or not a correlation between learning concentration and burnout in high school students in Samarinda, which was designed to be a correlational test. By using simple random sampling technique, researchers obtained a sample of 156 high school students in Samarinda. Data was collected using measuring tools in the form of learning concentration scales and burnout scales which were analyzed using the Pearson Product Moment correlation test. From the research findings, it is known that there is a correlation between learning concentration and burnout in high school students in Samarinda. This conclusion is drawn based on the value of r count = -0.866 and p = 0.000 < 0.05. That is, the higher the concentration of learning possessed by students, the more burnout their learning will decrease.


Adanya pembatasan sosial berskala besar di Kota Samarinda akibat pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan belajar dan mengajar hanya dapat dilakukan melalui online dari rumah masing-masing. Metode pembelajaran yang terbatas hanya melalui layar smartphone atau laptop ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan dalam belajar, untuk mengatasi hal tersebut maka perlu adanya konsentrasi belajar yang tinggi untuk tetap fokus mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik ada atau tidaknya hubungan antara konsentrasi belajar dengan kejenuhan pada siswa SMAN di Kota Samarinda, yang dirancang untuk uji korelasional. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, peneliti mendapatkan sampel sejumlah 156 siswa SMAN di Kota Samarinda. Data dikumpulkan menggunakan alat ukur berupa skala konsentrasi belajar dan skala kejenuhan yang dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Dari temuan penelitian diketahui adanya hubungan antara konsentrasi belajar dengan kejenuhan pada siswa SMAN di Kota Samarinda. Kesimpulan tersebut ditarik berdasarkan besarnya nilai r hitung = -0.866 dan p = 0.000 < 0.05. Artinya, semakin tinggi konsentrasi belajar yang dimiliki oleh siswa, maka semakin kejenuhan belajarnya akan semakin menurun.



Keywords


Burnout; Learning Concentration; Online Learning

Full Text:

FULL TEXT

References


Afifah, S. (2019). Pengaruh kejenuhan belajar dan interaksi sosial terhadap konsentrasi belajar siswa dengan sistem pesantren modern. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 1–12. https://doi.org/10.30872/PSIKOBORNEO.V7I4.4827

Aina, M., Budiarti, R. S., Muthia, G. A., & Putri, D. A. (2021). Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(1). https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i1.3379

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di sma negeri 2 batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33. https://doi.org/10.26714/JPS.3.1.2015.30-33

Badan Pusat Statistik Kota Samarinda. (2019). Jumlah murid sma (jiwa), 2017-2019. https://samarindakota.bps.go.id/indicator/28/189/1/jumlah-murid-sma.html

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Dewi, R. P., Yosef, & Harlina. (2017). Hubungan antara academic self-confidence dengan kejenuhan (burnout) belajar siswa smk negeri 1 indralaya utara. Konseling Komprehensif, 4(2).

Ellis, W. E., Dumas, T. M., & Forbes, L. M. (2020). Physically isolated but socially connected: Psychological adjustment and stress among adolescents during the initial COVID-19 crisis. Canadian Journal of Behavioural Science, 52(3). https://doi.org/10.1037/cbs0000215

Fatmawati, F. (2018). Hubungan antara kejenuhan belajar dengan stres akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(4). https://doi.org/10.30872/PSIKOBORNEO.V6I4.4666

Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik dengan bimbingan klasikal metode cooperative learning tipe jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/JMS.V1I22020P161-170

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, March 24). Mendikbud terbitkan se tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat covid-19. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Khaira, N. A. (2018). Penerapan teknik self instruction untuk mengurangi kejenuhan. Pencerahan: Jurnal Pendidikan, 12(2), 172–200. https://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/23

Lindasari, S. W., Nuryani, R., & Sukaesih, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. Jnc, 4(2).

Muna, N. R. (2016). Efektifitas teknik self regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa di sma insan cendekia sekarkemuning cirebon. Holistik, 14(2). https://doi.org/10.24235/HOLISTIK.V14I2.450

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1).

Nugroho, W. (2007). Belajar mengatasi hambatan belajar. Prestasi Pustaka.

Nurkholis, N. (1970). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Rahma, R. O., Rahmawati, V., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh kejenuhan terhadap konsentrasi belajar dan cara mengatasinya pada peserta didik di sdn 1 pandan. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(2), 242–250. https://doi.org/10.52802/PANCAR.V6I2.474

Ramadhani, D. W. (2022). Problematika pendidikan pada masa pandemi covid-19 di indonesia . Ta’lim: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 105–110. https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/talim/article/view/11

Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. Journal of Science and Education (JSE), 1(1). https://doi.org/10.56003/jse.v1i1.11

Sari, A. R., & Winingsih, E. (2021). Kecemasan Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 2 Kota Mojokerto. Jurnal BK UNESA, 12(3).

Sari, P., Kholidin, F. I., & Dewi Edmawati, M. (2020). Tingkat kejenuhan belajar siswa sekolah menengah pertama di kota bandar lampung. Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 1(1).

Shukla, T., Dosaya, D., Nirban, V. S., & Vavilala, M. P. (2020). Factors extraction of effective teaching-learning in online and conventional classrooms. International Journal of Information and Education Technology, 10(6), 422–427. https://doi.org/10.18178/IJIET.2020.10.6.1401

Siswanti, L., Tobari, & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1).

Supriatmanto, W. H., Herlambang, A. D., & Rachmadi, A. (2021). Hubungan konsentrasi belajar dan lingkungan belajar ketika siswa melaksanakan pembelajaran daring pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek terhadap hasil belajar siswa kelas ii rpl smk negeri 8 malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(9), 3908–3916. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/9782/4381/

UNICEF. (2020, June 16). Indonesia: survei terbaru menunjukkan bagaimana siswa belajar dari rumah. UNICEF. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/indonesia-survei-terbaru-menunjukkan-bagaimana-siswa-belajar-dari-rumah

Wangge, M. Y., Santoso, A. P., Kartika, V., & Febriani, U. F. (2021). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Daring Pada Siswa SMAN 4 Semarang Selama Masa Pandemi. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 2(2). https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.109

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Yuliana, Y., Anindita, H. A., & Syaifuddin, M. W. (2021). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring. PRISMA, 10(2). https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1732




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i1.9164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id