How Tough Are Pencak Silat Student Athletes in the Face of Burnout

Lisna Mardiana, Lisda Sofia, Ayunda Ramadhani

Abstract


Student athlete in a dormitory is certainly a challenge because they are must to balance academic achievements and non-academic. These all challenges and demands become stressors that lead to burnout in pencak silat athletes, for that hardiness is needed to overcome the burnout. The purpose of this study is to see how hardiness describes pencak silat athletes who experience burnout. The subjects of this study were pencak silat athletes from SKOI East Kalimantan experiencing burnout. In data collection methods, researchers used in-depth interviews and observation data collection techniques. The toughness possessed by student pencak silat athletes is illustrated by their responsibility to complete a heavy training program, being able to overcome pressure in competing, viewing defeat as an opportunity to develop, being able to follow the rules and regulations in SKOI East Kalimantan. This is driven by the mastery of experience as a student martial arts athlete and the support of parents. This research can be used as evaluation for development of student martial arts athletes, especially those in the dormitory.

Atlet pelajar yang berada di asrama tentu memiliki tantangan tersendiri karena dituntut untuk dapat menyeimbangkan prestasi akademik dan non akademik. Tantangan ini seringkali menjadi stresor yang mengakibatkan terjadinya burnout pada atlet pencak silat, untuk itu dibutuhkan ketangguhan untuk mengatasi burnout. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana gambaran ketangguhan pada atlet pencak silat yang mengalami burnout. Subjek penelitian ini adalah atlet pencak silat SKOI Kaltim yang mengalami burnout. Pada metode pengambilan data, peneliti menggunakan teknik pengambilan data wawancara mendalam dan observasi. Ketangguhan yang dimiliki oleh atlet pencak silat pelajar digambarkan dengan adanya tanggung jawab untuk menyelesaikan program berat latihan, mampu mengatasi tekanan dalam bertanding, memandang kekalahan sebagai peluang untuk berkembang, mampu mengikuti aturan dan ketentuan yang ada di SKOI Kaltim. Hal ini didorong oleh adanya penguasaan pengalaman sebagai atlet pencak silat pelajar dan adanya dukungan dari orang tua. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi pengembangan atlet pencak silat pelajar khususnya yang berada di asrama.


Keywords


Hardiness; Burnout; Pencak Silat Athletes

Full Text:

FULL TEXT

References


Abiyoga, M. I., & Sawitri, D. R. (2018). “Tabah dalam kekuranganku” Studi kualitatif mengenai hardiness pada individu dewasa madya penyandang tunadaksa yang bekerja. Jurnal EMPATI, 6(4), 25–32. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19984

Asmariani. (2018). Hubungan manajemen waku terhadap hasil belajar. Jurnal Al-Afkar, 6(2), 67-88.

Akhyar, A. G., Priyatama, A. N., & Setyowati, R. (2017). Burnout ditinjau dari hardines dan motivasi berprestasi (Studi pada atlet pelajar di Semarang). Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 13(2), 113-125.

Alamsyah, A., & Abidin, Z. (2022). Orang tua sebagai sumber belajar sesungguhnya. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 13-20.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas (4 ed.). Pustaka Belajar.

Budiati, Y. M. (2022). Pengaruh dukungan orang tua dan lingkungan sposial terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (lintas minat) di SMA Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15(2), 27–35.

Creswell, J. W. (2012). Riset pendidikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi riset kualitatif dan kuantitatif (5 ed.). Pustaka Belajar.

Dirgantara, R. J. (2020). Pengaruh Stabilitas Emosi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kebanggaan Diri Atlet Muaythai Kota Balikpapan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 757. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5580

Fernando, T., & Elfida, D. (2018). Kedekatan Remaja Pada Ibu: Pendekatan Indigenous Psychology. Jurnal Psikologi, 13(2), 150. https://doi.org/10.24014/jp.v13i2.3081

Foekh, R. G., Priambodo, A., Siantoro, G., Kartiko, D. C., Syam, A. R., & Muhamad, H. N. (2022). Kontribusi Dukungan Orang Tua dan Teman terhadap Kepercayaan Diri Atlet Usia Sekolah Menengah Pertama di Cahaya Lestari Surabaya. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). 8(1), 648-655.

Garaga, B. N. I. (2017). Hardiness Karyawan yang Mengalami Pemutusan Hubungan Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4431

Hindiari, Y., & Wismanadi, H. (2022). Tingkat kecemasan atlet karate menjelang pertandingan pada anggota Cakra Koarmatim. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(1), 179-186.

Jannah, M., Himawan, S. I., & Septiani, M. Y. (2021). Hubungan dukungan orang tua dengan motivasi berlatih atlet karate gokasi. Jurnal Prokes, 5(1), 117-129.

Komarudin. (2015). Psikologi olahraga latihan keterampilan mental dalam olahraga kompetitif. PT Remaja Rosdakarya.

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 21-31.

Mardliyah, A., & Rahmandani, A. (2018). Hubungan antara efikasi diri dan ketangguhan pada taruna tingkat II Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Jurnal Psikologi Pitutur, 7(4), 310-320.

Marjanto, D. K., & Widjaja, I. (2020). Perkembangan pencak silat di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebudayaan, 15(2), 77–88. https://doi.org/10.24832/jk.v15i2.330

Maysa, P., & Khairiyah, U. (2019). Hardiness dan stress pengasuhan pada ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1). https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105017

Mulia, L. O., Elita, V., & Woferst, R. (2014). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadapresiliensi remaja di panti asuhan. JOM PSIK, 1(2), 1-9.

Nisa, K., & Jannah, M. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental atlet bela diri. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 36-45.

Nurtjahjanti, H., & Ratnaningsih, I. Z. (2011). Hubungan kepribadian hardiness dengan optimisme. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 126-132.

Parwata, I. M. Y. (2015). Kelelahan dan recovery dalam olahraga. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1(1), 2-13.

Purwati, I. (2019). Regulasi Diri dan Bentuk Strategi Coping Atlet Wanita yang Berprofesi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4707

Putri, N. Y. D. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Keterikatan Kerja Pada Karyawan PT. Kaltim Nusa Etika Bontang. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3648

Rahmawati (2016). Hubungan antara hardines dengan optimisme pada mahasiswa yang menyelesaikan skripsi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Saputra, F. T. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Pertandingan Pada Siswa SKOI di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3673

Saputra, I. M. R. A., & Suarya, L. M. K. S. (2019). Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 31. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p04

Saputri, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harapan Orangtua Terhadap Kepribadian Hardiness. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4527

Sari, H. P., Handayani, O. W. K., & Hidayah, T. (2017). Evaluasi Program Pembinaan Atlet Pekan Olahraga Nasional Cabang Olahraga Bulu Tangkis Provinsi Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(3), 261-265.

Setiawan, A. (2019). Keterbukaan Diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Psikologi, 6(1), 68-80.

Stein, S. J., & Bartone, P. T. (2020). Hardiness making stress work for you ti achieve your life goals. John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Surokim, S. (2016). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Lapangan dan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4093

Syah, M. V. A., & Jannah, M. (2021). Perbedaan ketangguhan mental ditijau dari status atlet individu dan beregu pasa siswa SMA X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 145-152.

Tinambunan, E. M. K., Tampubolon, L. F., & Sembiring, E. E. (2018). Burnout syndrome pada perawat di ruangan rawat inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Jurnal Keperawatan Priority, 1(1), 85-98.

Wati, K. A., & Jannah, M. (2021). Hubungan antara kejenuhan dengan motivasi berprestasi pada atlet sepak bola. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. 8(3), 126-136.

Widiastuti, D., & Indriana, Y. (2020). Hubungan antara konsep diri dengan hardiness pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universita Diponegoro. Jurnal EMPATI, 7(1), 332–338. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20245




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i1.9040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id