Problem Focused Coping Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi: Apakah Terkait dengan Efikasi Diri Akademik?

Belga Grace El Roy, Christiana Hari Soetjiningsih

Abstract


The purpose of this study was to determine the relationship between academic self-efficacy and coping with stress, which focused on the problem of students working on their thesis. This research is quantitative research with a correlational design. Participants accepted 52 students who are working on a thesis at the SWCU Psychology Faculty. Data analysis using Pearson's product-moment correlation technique shows a value of r = 0.831 and a significance value of 0.000 (p≤0.05), which means that there is a positive relationship between academic self-efficacy and problem-focused coping in students who are working on their thesis. The higher the academic self-efficacy of students who are working on their thesis, the higher/better the problem-focused coping, and vice versa.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara academic self-efficacy dengan coping stress yang berfokus pada masalah (Problem Focused Coping) pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Partisipan berjumlah 52. mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UKSW. Analisis data dengan teknik korelasi product moment dari Pearson menunjukkan  nilai r = 0,831 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p0,05). Hasil hipotesis menunjukan terdapat hubungan positif antara Academic self-efficacy dengan problem focused coping pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Sehingga makin tinggi self-efficacy akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi maka makin tinggi/baik problem focused coping nya, dan sebaliknya


Keywords


Academic Self Efficacy; Problem Focused Coping; Student; Thesis.

Full Text:

PDF

References


Amelia, Diska. (2019). Hubungan antara problem focused coping dan burnout pada guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Astuti, R., & Gunawan, W. (2016). Sumber-sumber efikasi diri karier remaja. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 141-151.

Azwar, S. (2018). Penyusunan skala psikologi (2nd ed.). Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara self-efficacy akademik dan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133.

Folkman, R. S., & Lazarus, S. (1984). Stress: appraisal and coping. in encyclopedia of Behavioral Medicine, 148.

Ifdil, I., Bariyyah, K., Dewi, A. K., &Rangka, I. B. (2019). The college academic self efficacy scale (CASES); an Indonesian validation to measure the self efficacy of students. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(4), 115-121.

King, Laura.A. (2017). The science of psychology: an appreciative view. Edisi kedua. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress appraisal, and strategi coping. New York: Springer Publishinf Company.

Lazarus, R. S. (2006). Stress and emotion: a new synthesis. New York: Springer Publishing Compani, Inc.

Mufika., Bahar, H., & Kaimuddin, S. M. (2021) Efikasi diri dengan strategi coping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Sublimasi, 2(2), 121-128.

Owen, S. V., & Froman, R. D. (1988). Development of a college academic self efficacy scale. Educational Resources Information Center (ERIC).

Panggali, R. R., Marisa, F., & Purnomo, D. (2017). Sistem pendukung keputusan untuk menentukan judul skripsi jurusan teknik informatika menggunakan metode Topsis. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 2(1).

Pasiori, W., Jamiludin, J., & Marhan, C. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan problem focused coping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Sublimapsi, 1(1), 76-84.

Permatasari, R., Arifin, M., & Padilah, R. (2020). Studi deskriptif dampak psikologis mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Pgri Banyuwangi dalam penyusunan skripsi di masa pandemi covid-19. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 127-141.

Rachmah, D. N. (2013). Hubungan self efficacy, coping stress, dan prestasi skademik. Jurnal Ecopsy, 1(1), 7–14.

Rizky, E, Zulharman, & Risma, D. (2014). Hubungan efikasi diri dengan coping stress pada mahasiswa angkatan 2012 fakultas kedokteran universitas riau. Jurnal Fakultas Kedokteran, 1(2), 1–8.

Rosanty, R. (2014). Pengaruh musik mozart dalam mengurangi stres pada mahasiswa yang sedang skripsi. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 3(2).

Santoso, A. (2010). Statistik untuk psikologi dari blog menjadi buku. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sarafino, E.P. (1994). Health psychology biopsychology interactions. USA: John Wiley & Sons.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Gunung Mulia.

Sujono. (2014). Hubungan antara efikasi diri (self efficacy) dengan problem focused coping dalam proses penyusunan skripsi pada mahasiswa Fmipa Unmul. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 67–71.

Triantoro, S., & Nofrans, E. (2009). Manajemen emosi. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Weinberg, R. S., & Gould, D. (2003). Foundations of sports & exercise psychology. Champaign, IL: Human Kinetics.

Wibowo, M. (2010). Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Wijayanto, R. N. (2020). Peran efikasi diri akademik dan optimisme terhadap problem-focused coping pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Doctoral dissertation. Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id