Bagaimanakah Peranan Orang Tua dan Gambaran Diri Individu Dalam Memilih Program Studi, Efektifkah?

Achmad Fahriannur, Muhammad Ali Adriansyah, Dian Dwi Nur Rahmah

Abstract


This study aims to determine the effect of self-concept and the role of parents on the decision to choose a major in the students. This study uses a quantitative approach. The subjects of this study were 88 students, who were selected using probability sampling with simple random sampling technique. The data collection method used is the scale of likert. The data analysis technique used is multiple liniear regression. The results showed that: (1) there was a significant effect of self-concept and the role of parents on the decision to choose a majors with a value Fcount = 11.854 > F table =3.10 and p value= 0.000 and had an influence contribution (R2) of 51.3 %; (2) there is a significant effect of self-concept on the decision to choose a majors with beta coefficient  = 0.534, t count = 5.802 > t table = 1.984, and p = 0.000 (p<0.05); (3) there is a significant effect of the role of parents on the decision to choose a majors with beta coefficient  = 0.250, t count = 2.721 > t table = 1.984, and p = 0.008 (p<0.05).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsep diri dan peran orang tua terhadap keputusan memilih programstudi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 88 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang dengan nilai F hitung = 11.854 > F tabel = 3.10 dan nilai p = 0.000 serta memiliki konstribusi pengaruh (R2) sebesar 51.3%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap keputusan memilih program studi dengan nilai koefisien beta (β) = 0.534, t hitung = 5.802 > t tabel = 1.988, dan p = 0.000 (p < 0.05); (3) terdapat pengaruh yang signifikan peran orang tua terhadap keputusan memilih program studi dengan nilai koefisien beta (β) = 0.250, t hitung = 2.721 > t tabel = 1.988, dan p = 0.008 (p < 0.05).


Keywords


Decision; Self concept; The role of parents

Full Text:

PDF

References


Appulembang, Y. A., & Agustina, A. (2020). Fungsi Keluarga Terhadap Pengambilan Keputusan Remaja dalam Pemilihan Jurusan. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 4(1), 24. https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i1.481

Barnawi, Najihah, A., & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Haruna, R. (2017). Pengaruh iklan terhadap keputusan memilih uin alauddin makassaR. 5, 14.

Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 56. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528

Kulsum, U., Witurachmi, S., & Muchsini, B. (2017). Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial keluarga terhadap kematangan karir mahasiswa. 3(2), 10.

Laden, M. (2014). Peranan Dukungan Orang Tua Dengan Keputusan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii SMA Katolik W.R. Soepratman Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3650

Laksmawati, V. E. (2014). Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi Ditinjau dari Persepsi terhadap OrangTua dan pilihan Pribadi Mahasiswa Universitas katolik Widya Mandala Madiun. Skripsi. Universitas Katolik Widya Mandala.

Listiowatty, Mrs. (2021). Keterlibatan Orang Tua pada Pemilihan Jurusan Perguruan Tinggi Siswa SMA. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(8), 1226–1240. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.205

Marliyah, L., & Dewi, F. I. R. (2014). Persepsi terhadap dukungan orangtua dan pembuatan keputusan karir remaja. 31.

Nurfia, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Pratama, B. D., & Suharnan, S. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Internal Locus Of Control Dengan Kematangan Karir Siswa SMA. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03). https://doi.org/10.30996/persona.v3i03.411

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi (24 ed.). Remaja Rosdakarya.

Rini, Y. S. (2014). Komunikasi Orangtua-Anak dalam Pengambilan Keputusan Pendidikan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 112–122. https://doi.org/10.14710/interaksi.3.2.112-122

Ruhiyat, E. (2005). Analisis faktor yang menjadi penentu mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi. 19.

Saifuddin, A., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik SMA dengan Pelatihan Reach Your Dreams dan Konseling Karier. Jurnal Psikologi, 44(1), 39. https://doi.org/10.22146/jpsi.17378

Saliman, T., Marta, R. F., & Wahjudi, S. (2021). Interaksi keluarga dan kelompok sebaya menstimulasi strategi pengambilan keputusan berkuliah sembari bekerja. 5(2), 19.

Saputro, M. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi. 1, 12.

Sawaji, J., & Hamzah, D. (2011). Pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di sulawesi selatan. 22.

Silitonga, B. A. T., Dahlan, S., & Utaminingsih, D. (2014). Hubungan Konsep Diri dengan Rencana Pilihan Karier Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. 14.

Simbolon, N. P., & Rasyid, M. (2021). Konsep Diri Dan Dukungan Orangtua Terhadap Keputusan Karir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 391. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5980

Siswanto, Z. F. D., & Nuraina, E. (2019). Forum ilmiah pendidikan akuntansi program studi pendidikan akuntansi-fkip universitas pgri madiun. 9.

Solicha, F. N., Safitri, D., & Kurniawan, N. (2020). siswa. 10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Suryani, W. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih fakultas ekonomi universitas islam sumatera utara al munawaroh medan. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 9(1), 33. https://doi.org/10.21067/jem.v9i1.196

Utama, F. (2020). Survei: 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. Inews.id. https://www.inews.id/news/nasional/survei-87-persen-mahasiswa-di-indonesia-salah-jurusan

Widiarti, P. W. (2017). Konsep diri (self concept) dan komunikasi interpersonal dalam pendampingan pada siswa smp se kota yogyakarta. InformasI, 47(1), 135. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035

Widowati, A. I., & Surjawati, S. (2015). Studi tentang keputusan memilih jurusan s1 akuntansi (studi empiris pada mahasiswa program studi s1 akuntansi universitas semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 17(1), 1. https://doi.org/10.26623/jdsb.v17i1.498

Zulaikhah, N. (2014). Gelar Magister dalam Ilmu Psikologi. 15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id