Kecemasan Dengan Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna E-Commerce Selama Pandemi Covid-19

Cindy Martauli Saragih, Putri Pusvitasari

Abstract


In 2020, the world was shocked by a virus called Covid-19. The presence of the Covid-19 virus has a significant impact on aspects of people's lives. Consumptive behavior makes people as consumers will make impulsive purchases during the pandemic. This study aims to determine the relationship between anxiety and the impulsive buying behavior of e-commerce users during the Covid-19 pandemic. The subjects of the study consisted of 126 e-commerce users aged 20-40 years using purposive sampling techniques. The data collection methods used were the anxiety scale and the impulsive purchase scale and then analyzed using the Spearman Rank test. The results of the analysis showed that anxiety variables were positively and significantly correlated with impulsive buying behaviors (r = 0.528, p = 0.000). This means that the higher anxiety, the higher impulsive buying behavior.

 

Pada tahun 2020, dunia dihebohkan dengan virus yang bernama Covid-19. Kehadiran virus Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap aspek kehidupan masyarakat. Perilaku konsumtif membuat masyarakat sebagai konsumen akan melakukan pembelian secara impulsif selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan perilaku pembelian impulsif pengguna e-commerce di masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian terdiri dari 126 pengguna e-commerce yang berusia 20-40 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecemasan dan skala pembelian impulsif kemudian dianalisis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kecemasan berkorelasi positif dan signifikan dengan perilaku pembelian impulsif (r = 0,528, p = 0,000).  Artinya semakin tinggi kecemasan maka semakin tinggi pula perilaku pembelian impulsif.


Keywords


Anxiety; Impulsive Buying Behavior; E-Commerce; COVID-19

Full Text:

FULL TEXT

References


Abdan & Shadiqi, M. (2020). “Panic Buying Pada Pandemi COVID-19: Telaah Literature Dari Perspektif Psikologi. Jurnal Psikologi Sosial, Special Edition COVID-19, 19-22. 131-141.

Agung, H., Marta, R. F., & Christianti. (2021). Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Produk Kesehatan Selama Pandemi Di Indonesia. Communication, 12(2), 122–131.

Anita, S. Y. (2022). Pengaruh Panic Buying Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Impulse Buying Pada Produk Minyak Goreng. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16 (1), 72–84.

Aprianur, R. (2020). Hubungan Keterlibatan Fashion Dengan Pembelian Impulsif Produk Fashion Pada Dewasa Awal. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 156. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4895

Astari, L., & Widagda K., I. (2014). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Kontrol Diri Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Produk Parfum. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(3), 254-840.

Bacon, A. M., & Corr, P. J. (2020). Coronavirus (COVID-19) in the United Kingdom: A personality-based perspective on concerns and intention to self-isolate. British Journal of Health Psychology, 25(4), 839-848.

Febrina, S., Hardianto, Y., & Sari, R. (2020). Studi Mengenai Kecemasan Dan Intensi Belanja Secara Online Di Masa Pandemi Covid-19, Prosiding E-Conference Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara 2020.

Hardani, Hikmatul, A. N., Ardiani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).

Hidayat. W. (2021). Psikolog Ungkap Kalangan Yang Cenderung Lakukan Panic hBuying. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2021. https://www.republika.co.id/berita/qvtopr414/psikolog-ungkap-kalangan-yang-cenderung-lakukan-panic-buying

Julianti, A. (2020). Kecemasan dan Pembelian Impulsif pada Saat Pandemi COVID-19. UG Jurnal. 14 (12). 23-31.

Muchnisa, F., & Sulaiman. (2020). Pengaruh Pembelian Impulsif terhadap Kecemasan Konsumen yang Berdampak pada Pembelian Kompulsif dan Dimediasi oleh Eskapisme (Studi Kasus pada Matahari Departement Store di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. 5(1). 236-249.

Mulyono, F. (2012). Faktor Demografis Dalam Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 92–109.

Nevid, J. S., Ratus, S. A., & Grenee, B. (2018). Abnormal Psychology in a Changing World. Hoboken, NJ: Pearson Higher Education.

Pelupessy, D. C. (2020). Alasan Psikologi di Balik “Panic Buying”. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2021. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200322161747-284-485813/alasan-psikologi-di-balik-panic-buying

Pratiwi, W. A., & Pusvitasari, P. (2020). Fenomena Panic Buying: Ketika Masyarakat Kehilangan Kontrol Diri dalam Menghadapi Pandemi COVID-19, Buletin KPIN, 6 (7). https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/583-fenomena-panic-buying-ketika-masyarakat-kehilangan-kontrol-diri-dalam-menghadapi-pandemi-Covid-19

Prudential. (2021). Apa Itu Sebenarnya Pandemi COVID-19 Ketahui Juga Dampaknya di Indonesia. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2021. https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/apa-itu-sebenarnya-pandemi-COVID-19-ketahui-juga-dampaknya-di-indonesia/

Pusvitasari, P., & Jayanti, A. M. (2021). Strategi Coping dan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, 1(2), 21–31.

Putra, F. K. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Usia Dan Gender Terhadap Impulse Buying Produk Fashion (Survey Pada Konsumen Produk Fashion Di Malang Town Square (Matos). Manajemen Bisnis. 6-10. https://doi.org/10.22219/jmb.v6i1.5383

Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15–26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133

Rsud.waykanankab. (2021). Hari Ini Tepat Satu Tahun Pandemi COVID-19 di Indonesia. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2021. https://rsud.waykanankab.go.id/detailpost/hari-ini-tepat-satu-tahun-pandemi-COVID-19-di-indonesia

Sabir, A., & Phil, M. (2016). Gambaran Umum persepsi masyarakat terhadap bencana di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5 (3), 304-326.

Santia, T. (2020). Aktivitas Belanja Online Naik 28,9 Persen saat Pandemi Corona. Diakses pada tanggal 21 Maret 2022. https://m.liputan6.com/bisnis/read/4274623/aktivitas-belanja-online-naik-289-persen-saat-pandemi-corona

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi Diri Dan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja Perempuan Yang Berbelanja Online. Jurnal Psikologi, 12(2), 213–224. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2445

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taylor, S. (2019). The Psychology of Pandemics: Preparing for the Next Global Outbreak of Infectious Disease. Newcastle, UK: Cambridge Scholars Publishing.

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and No Thinking. European Journal of Personality. 15, 71-83.

Wahyu, A. M., Zahra, A. C. A., Firdaus, M. I. F., & Widyatno, A. (2021). Perilaku Panic Buying Mengiringi Kemunculan COVID-19? Sebuah Studi pada Awal Pandemi di Indonesia. Humanitas (Jurnal Psikologi), 5(1), 76-98.

We Are Social and Hootsuite. (2021). Hootsuite (We are social): Indonesian digital report 2020. Diakses pada tanggal 20 Maret 2022. https:// andi.link/hootsuite-we-are-socialindonesian-digital-report-2020/

Widiyarti, Y. (2020). Belanja Impulsif, Pelarian dari Kecemasan pada COVID-19. Diakses pada tanggal 21 Maret 2022. https://gaya.tempo.co/read/1327098/belanja-impulsif-pelarian-dari-kecemasan-pada-COVID-19




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i3.8538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id