Efektivitas Pelayanan Preventif dan Rehabilitatif Pada BPJS Kesehatan Terhadap Masyarakat

Ulfa Alfiana Putri, Diana Diana, Jamil Bazarah

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of the preventive and rehabilitative services of the Social Security Administrator for health  (BPJS-Kesehatan) of Berau Regency to the community in Kampung Bugis Village and to analyze the inhibiting and supporting factors for the effectiveness of the preventive and rehabilitative services of BPJS Kesehatan. The approach used in this research is a qualitative descriptive approach. Furthermore, there were 5 (five) informants in this study consisting of the organizers of the Berau District Health BPJS, the Bugis Village Health Center, and the Bugis Village Community. Furthermore, the findings of this study revealed that BPJS Health's preventive and rehabilitative services to the Kampung Bugis society are ineffective. Health promotion is just a campaign to live a healthy life, as the program's socialization has not yet been widely implemented. In terms of rehabilitative services, BPJS users continue to complain about BPJS Health technical implementers' poor performance. Another criticism raised by BPJS Health service users is the lack of time effectiveness in BPJS Health services in the Berau Regency. The factors that interfere with BPJS Health's preventive and rehabilitative services to the community in Kampung Bugis Village are service procedures, health facilities and infrastructure, human resources (medical personnel), and socialization. While, the supporting factors are a collaboration with stakeholders, health services in accordance with Standard Operating Procedures (SOP), availability of Mobile JKN BPJS Kesehatan applications, and quality improvement of first level facility services (FKTP) through the provision of accreditation.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan preventif dan rehabilitatif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Berau terhadap masyarakat di Kelurahan Kampung Bugis, serta menganalisis faktor penghambat dan pendukung efektivitas pelayanan preventif dan rehabilitatif BPJS kesehatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Selanjutnya, terdapat 5 (lima) informan dalam penelitian ini yakni terdiri dari penyelenggara BPJS Kesehatan Kabupaten Berau, Puskesmas Kampung Bugis, beserta Masyarakat Kelurahan Kampung Bugis. Lebih lanjut, hasil studi ini menunjukkan bahwa pelayanan preventif dan rehabilitatif BPJS Kesehatan terhadap masyarakat Keluharan Kampung Bugis masih kurang efektif. Promosi kesehatan yang dilakukan hanya sebatas ajakan untuk berlaku hidup sehat sementara sosialisasi program masih belum masif dilakukan. Dalam konteks pelayanan rehabilitatif, pengguna layanan masih mengeluhkan rendahnya performa pelaksana teknis BPJS Kesehatan. Keluhan lain yang diberikan oleh pengguna layanan BPJS Kesehatan adalah kurangnya efektivitas waktu dalam pelayanan BPJS Kesehatan di Kabupaten Berau. Adapun faktor penggambat pelayanan preventif dan rehabilitatif BPJS Kesehatan terdahap masyarakat di Kelurahan Kampung Bugis adalah prosedur pelayanan, sarana dan prasarana kesehatan, sumber daya manusia (tenaga medis), dan sosialisi program. Sementara faktor pendukungnya adalah Kerjasama dengan stakeholders, Pelayanan Kesehatan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), Tersedianya aplikasi  Mobile JKN BPJS Kesehatan, dan Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Tingkat Pertama (FKTP) Melalui Pemberian Akreditasi.



Keywords


Efektivitas; Pelayanan Preventif; Rehabilitatif

Full Text:

PDF

References


Adhimah, S. (2020.) "Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo)." Jurnal Pendidikan Anak, 20 Mei 2020, vol 9, hlm 60.

Alaydrus, A., Sos, S., Si, M., Budiman, B., & Penelitian, M. S. (2018). "Kualitas Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat ( PUSKESMAS ) Kampung Bugis Kepada Peserta Bpjs Kesehatan Di Kecamatan." Jurnal Ilmu Pemerintahan vol 6, hlm 883.

Arsiyah, F. F., & UB, A. R. (2017). "Berkas Mlaku Dhewe (BMW) untuk Peningkatan Pelayanan Publik di Kabupaten Sidoarjo Firdha." Jurnal Kebijakan Dan Manajemen publik, vol 5, hlm 205.

Baby Silvia Putri, L. K. (2017). "Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit." Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, , vol 2, hlm 2.

Dorland, W.A.N. (2002). Kamus Kedokteran Darland edisi 29. Jakarta : Terj.Hartanto, dkk.

Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). "Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa." Jurnal Office, vol 3, hlm 14.

Hardiani, Junaidi, & Hidayat, S. M. (2017). "Determinan Sosial Ekonomi Pengeluaran Rumah Tangga Untuk Kebutuhan Preventif Kesehatan Di Provinsi Jambi." Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,vol 13, hlm 62

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Depok : PT. Raja Grafindo Persada

Jene, O. C. (2013). "Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat “Mortir” Banyumanik-Semarang." Ilmu Perputakaan, vol 2, hlm 5.

Jhovia Aloedya Pramana, Septo Pawelas Arso, W. K. (2018). "Analisis Upaya Kepatuhan Hukum Dalam Memenuhi Hak Dan Kewajiban Pasien Bpjs Kesehatan Di Rsud Ungaran." Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5 Oktober 2018, vol 6, hlm 96.

Khaatimah, H. dan R. W. (2017). "Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar." Jurnal Teknologi Pendidikan, Oktober 2017, vol 2, hlm 80-81.

Liando2, G. J. M. D., & Lengkong3, J. (2017). "Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Peningkatan Pembanguan." (Suatu Studi Di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara)." Jurnal Eksekutif, vol 2, hlm 3.

Mamuaja, B. (2016). "Analisis Efektivitas Penerapan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Di Dinas Pendapatan Kota Manado." Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, vol 4, hlm 168.

Nurhayati, M. (2018). "Peran Tenaga Medis Dalam Pelayanan Keseahatan Masyarakat di Puskesmas Pembantu Linggang Amer Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat." Ejournal Administrasi Negara, vol 1, hlm 9.

Patimah, R. (2019). "Upaya Bpjs-Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Melalui Pelayanan Promotif Dan Preventif Di Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara." E Journal Ilmu Pengetahuan, vol 7, hlm 2.

Pertiwi, M., & Nurcahyanto, H. (2016). "Efektivitas Program BPJS Kesehatan Di Kota Semarang." E Journal 3 Undip, vol 4, hlm 1.

Pratiwi, N. I. (2017). "Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi." Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, vol 1, hlm 11.

Putra, D. N. (2015). "Studi tentang pelayanan kesehatan preventif di puskesmas sei merdeka kecamatan samboja kabupaten kutai kartanegara." EJournal Ilmu Pemerintahan, vol 3, hlm 11.

Rahman, G., & Sakit, R. (2011.) "Kualitas pelayanan bpjs di rumah sakit umum syifa medika kota banjarbaru." Jurnal Pelayanan, vol 2, hlm 3.

Rini, A. (2018). "Efektivitas Program Peningkatan Produksi hasil Peternakan di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis." Jurnal Ilmu Administrasi Negara, vol 5, hlm 3.

Ristian, A., & Suranto, S. (2014). "Kualitas Pelayanan Publik Pada Komunitas Adat: Studi Kasus Komunitas Orang Lom di Kabupaten Bangka Tahun 2012-2013." Journal of Governance and Public Policy, vol 1, hlm 262.

Salam, R., Risma Niswaty, A. Muhammad Fajar Maulana, Jamaluddin, & Muhammad Darwis. (2020). "Efektivitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng" Jurnal Administrasi Publik, vol 16, hlm 75.

Sahda Salsabila, Iswiyati Rahayu, D. K. (2021). Penerapan Good Governance Pada Kualitas Pelayanan Publik (Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga molBerencana Dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin)" Jurnal Pelayanan Publik, vol 2, hlm 4.

Shihab, A. N. (2018). "Hadirnya Negara Di Tengah Rakyatnya Pasca Lahirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial." Jurnal Legislasi Indonesia, vol 9, hlm 3.

Syahputra, R. (2015). "Peran Dinas Kesehatan Kota Dalam Pencegahan Penyakit HIV/AIDS di Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, vol 3, hlm 5.

Wanto, A. H. (2018). "Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City." JPSI (Journal of Public Sector Innovations), vol 2, hlm 40-4.

Widiastuti, I. (2017). "Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat." Jurnal Administrasi Publik, vol 3, hlm 96.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.8112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id