Daya Tarik dan Keputusan Berwisata di Goa Seplawan Purworejo
Abstract
This study aims to determine the relationship between tourist attraction and the decision to travel to Seplawan Cave Purworejo and the extent to which the effective contribution of tourist attraction to the decision to travel to Seplawan Cave Purworejo. This research uses a quantitative approach with Pearson's Product Moment correlation technique. This research was conducted at the Seplawan Cave tourist attraction, Purworejo, Central Java with the research subjects being visitors to the tourist attraction. The instrument in this study is a travel decision scale and a tourist attraction scale. This research hypothesizes that there is a positive relationship between tourist attraction and the decision to travel to Seplawan Cave, Purworejo. The higher the tourist attraction score, the higher the decision to travel to Seplawan Cave, Purworejo. On the other hand, the lower the tourist attraction score, the lower the decision to travel to Seplawan Cave, Purworejo. The results of hypothesis testing indicate that there is a significant positive relationship between travel decisions and tourist attraction, with r = 0.787 and p <0.001. This means that there is a positive relationship between the decision to travel and the tourist attraction to Goa Seplawan, Purworejo. The effective contribution of tourist attractions to the decision to travel to Goa Seplawan Purworejo is 61.9%
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya tarik wisata dengan keputusan berwisata ke Gua Seplawan Purworejo dan sejauhmana sumbangan efektif daya tarik wisata terhadap keputusan berwisata ke Gua Seplawan Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Penelitian ini dilakukan di objek wisata Gua Seplawan Purworejo, Jawa Tengah dengan subjek penelitian pengunjung objek wisata tersebut. Instrument dalam penelitian ini berupa skala keputusan berwisata dan skala daya tarik wisata. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara daya tarik wisata dengan keputusan berwisata ke Goa Seplawan Purworejo. Semakin tinggi skor daya tarik wisata maka semakin tinggi keputusan berwisata ke Goa Seplawan Purworejo.Sebaliknya semakin rendah skor daya tarik wisata maka semakin rendah keputusan berwisata ke Goa Seplawan Purworejo. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara keputusan berwisata dan daya tarik wisata, dengan r = 0,787 dan p<0,001. Artinya ada hubungan positif antara keputusan berwisata dengan daya Tarik wisata ke Goa Seplawan Purworejo. Sumbangan efektif daya tarik wisata terhadap keputusan berwisata ke Goa Seplawan Purworejo sebesar 61,9%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiakurnia, M.I. (2017). Goa Seplawan, Peninggalan Hindu yang Kaya Makna Kehidupan.
https://travel.kompas.com/read/2017/02/19/210200227/goa.seplawan.peninggalan.hindu.yang.kaya.makna.kehidupan?page=all
Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Farachdiba, D. (2014). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di De’Ranch Lembang. Bandung: Program Studi Manajemen Resort & Leisure, Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh di http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/895/1040 Tanggal 25 Oktober 2017
Ismayanti. (2009). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo.
Juwita, Intan. Hariyanto, Oda I. B. (2016). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara. Jurnal Pariwisata, Vol. III No. 1 April 2016. Hal 20.
Kaplan, R and Kaplan, S. (1989). The Experience of Nature: A Psychological Perspective. New York: Cambridge University Press.
Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Kristiutami, Y. P. (2017). Pengaruh Keputusan Berkunjung Terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Geologi Bandung. Jurnal Pariwisata. Vol. 4, No. 1 April 2017
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1761/1463
Maryani. (1991). Pengantar Geografi Pariwisata. Bandung: IKIP Bandung
NN. Goa Seplawan Purworejo. https://sikidang.com/goa-seplawan/
Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2009. Tentang Daya tarik wisata Kabupaten Purworejo
Pitana, I G., dan Gayatri, P.G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Riyadi, M.S dan Susilowati, H. (2021). Keputusan Berkunjung Wisatawan Ditinjau dari Perspektif Harga Tiket, Citra Destinasi dan Fasilitas Wisata di Heritage Palace Kartasura. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Vol.14, No.1, Juli 2021, pp. 124-134
Sarim, M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan untuk Berwisata ke Resort Pulau Tinabo Taman Nasional Takabonerate Kab. Kepulauan Selayar. Skripsi. UIN Alaudin Makassar.
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/10274/13/3.%20Faktor-faktor%20yang%20mempengaruhi%20keputusan%20wisata.pdf
Soekadijo. (2000). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Setyawan, A. D. (2018). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Coban Rais. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol. 7, No. 2, Semester Genap 2018/2019.
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5830
Sirait, H. (2017). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Bukit Gibeon Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Plans. Medan. Universitas Negeri Medan. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/plans/article/view/9815
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Syahadat, E. (2005). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan di Taman Nasional Gede Pangrango. Jurnal Manajemen. Jawa Barat. https://media.neliti.com/media/publications/124162-ID-none.pdf
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Edisi Ketiga. Malang: Penerbit Bayumedia.Geocities. 2018. Multimedia. [online].
http://www.geocities.com/SiliconValley/Way/3771/multi1.html
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i1.7375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id