Peran Asertivitas dan Empati Sebagai Prediktor untuk Memprediksi Perilaku Prososial

Andreas Agung Kristanto, As’liyanti Nor, Karenina Amanda Stephanie Pattinasarany, Stevent Resma

Abstract


Students need to have prosocial behavior, but in reality not all students have prosocial behavior. Prosocial behavior occurs because of voluntary behavior designed to help others without asking for anything in return, an attitude of sensitivity, empathy and those who provide help will feel satisfied when they get help. This study aims to examine assertiveness and empathy as predictors to predict student prosocial behavior. This study took the subject of students at University X with a total of 100 students. The sample selection was based on simple random sampling. Data obtained from the scale of assertiveness, empathy and prosocial behavior. The researcher's data analysis technique used multiple linear regression. The results showed that the hypothesis of assertiveness and empathy was able to have a role as a predictor and predict the occurrence of student prosocial behavior, the contribution of the effect was 74.9%. It is proven by the value of F = 145,096 and the value of p = 0.000 (p<0.05). The second hypothesis is assertiveness is able to predict student prosocial behavior as evidenced by beta value = 0.193 and p value = 0.026 (p < 0.05) and the third hypothesis is empathy is able to predict student prosocial behavior as evidenced by beta value = 0.856 and p value = 0.000 (p < 0.05).

Mahasiswa saat ini perlu memiliki perilaku prososial, namun kenyataannya tidak semua mahasiswa memiliki prososial. Perilaku prososial terjadi karena adanya perilaku sukarela yang dirancang mahasiswa untuk menolong orang lain tanpa meminta balasan, sikap asertivitas, empati dan mereka yang memberikan bantuan akan merasa puas ketika mendapat bantuan. Penelitian memiliki tujuan untuk mengkaji asertivitas dan empati berperan sebagai prediktor untuk memprediksi perilaku prososial mahasiswa. Penelitian ini mengambil subjek mahasiswa di Universitas X dengan jumlah sebanyak 100 mahasiswa. Pemilihan sampel penelitian didasarkan dari simple random sampling. Data didapatkan dari skala asertivitas, empati dan perilaku prososial. Teknik analisis data peneliti menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan hipotesis satu asertivitas dan empati mampu memiliki peran sebagai prediktor dan memprediksi terjadinya perilaku prososial mahasiswa, kontribusi pengaruhnya 74.9%. Dibuktikan dengan nilai F = 145.096 dan nilai p = 0.000 (p<0.05). Hipotesis dua yaitu asertivitas mampu memprediksi perilaku prososial  mahasiswa dibuktikan dengan nilai beta=0.193 dan nilai p=0.026 (p<0.05) dan hipotesis tiga empati mampu memprediksi perilaku prososial  mahasiswa dibuktikan dengan nilai beta=0.856 dan nilai p=0.000 (p<0.05).


Keywords


Assertiveness; Empathy; prosocial Behavior

Full Text:

PDF

References


Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria, 1(1), 33–42.

Bashori, K. (2017). Menyemai perilaku prososial disekolah. Jurnal Pendidikan, 1(1), 57–92.

Cahyono, Y. B. (2016). Persepsi tentang metode service learning, konsep diri dan perilaku prososial mahasiswa. Jurnal Psikologi Indonesia, 5(2), 115–125.

Carlo, G., Laura, M., & Walker, P. (2014). Prosocial development: A multidimensional approach. Oxford University Press.

Falentina, F. O., & Yulianti, A. (2012). Asertivitas terhadap pengungkapan emosi marah pada remaja. Jurnal Psikologi, 8(1), 9–14.

Huluki, W., & Djibran, R. M. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 2(1), 73–114.

Muryadi, & Maulessy, A. (2012). Religiusitas, kecerdasan emosi dan perilaku prososial guru. Jurnal Psikologi, 7(2), 544–561.

Puspita, R. S. D., & Gumelar, G. (2014). Pengaruh empati terhadap perilaku prososial dalam berbagai ulang informasi atau retwet kegiatan sosial dijejaring sosial twitter. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 3(1), 1–7.

Retiara, G. S., Khairani, M., & Yulandari, N. (2016). Asertivitas dan penyesuaian perkawinan pada dewasa awal di Aceh Tengah. Jurnal Psikogenesi, 4(2), 161–169.

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi remaja. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, H. (2016). etode Kualitatif dan Kuantitatif. Cetakan ke-23. Alfabeta.

Susilawati, D. (2016). Hubungan antara komunikasi interpersonal dan asertivitas terhadap perilaku seks pranikah pada remaja. Journal Psikologi Universitas Mulawarman, 4(4), 668–701.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2012). Social psychology 12th edition. Kencana Prenada Media Gnp.

Umayah, A. N., Ariyanto, A., & Yustisia, W. (2017). Pengaruh empati emosional terhadap perilaku prososial yang dimoderasi oleh jenis kelamin pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Sosial, 15(2), 72–83.

Upton, P. (2012). Psikologi perkembangan. Peneribit Erlangga.

Widyastuti, Y. (2014). Psikologi sosial. Fisip Untirta Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i1.7374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id