Komunikasi Dari Mulut Ke Mulut Pada Media Elektronik Dengan Keputusan Investasi Saham Investor Saham Pemula

Rachman Saleh Prayuga, Hairani Lubis, Dian Dwi Nur Rahmah

Abstract


Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang saat ini diminati banyak orang, hal ini tak terlepas dari gerakan “yuk nabung saham” yang dikampanyekan pemerintah serta ulasan-ulasan terkait investasi saham yang dapat dengan mudah ditemukan di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan komunikasi dari mulut ke mulut pada media elektronik dengan keputusan investasi saham investor saham pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 70 investor saham pemula yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala komunikasi dari mulut ke mulut pada media elektronik dengan keputusan investasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Kendal-tau. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara komunikasi dari mulut ke mulut pada media elektronik dengan keputusan investasi saham pada investor saham pemula dengan nilai R korelasi sebesar 0.307 dan P = 0.000 (p < 0.05)

Keywords


Komunikasi dari mulut ke mulut pada media elektronik, Keputusan investasi saham, Investor saham pemula

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179-211. Doi: 10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Andriani, D. (2021). Awas! Jangan Tergiur, Fenomena Munculnya Influencer Saham. https://finansial.bisnis.com/read/20210109/55/1340828/awas-jangan-tergiur-fenomena-munculnya-influencer-saham

Antweiler, W. & Frank, M. Z. (2005). Is all that talk just noice? The information content of internet stock message boards. The Journal of Finance, 59(3), 1259-1294. DOI: 10.1111/j.1540-6261.2004.00662.x

Christanti, N., & Mahastanti, L. A. (2011). Faktor-faktor yang dipertimbangkan investor dalam melakukan investasi. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan I, 4(3), 37-51.

Darmadji T., & Fakhruddin, H. M. (2015). Pasar modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Humaira, A. & Wibowo L. A. (2016). Analisis faktor electronic word of mouth (ewom) dalam mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 6(2), 2016 -1049.

Laksmi, A. A. & Oktafani, F. (2016). Pengaruh electronic word of mouth (ewom) terhadap minat beli followers Instagram pada warunk upnormal. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 78-88.

Mahendrayasa, A. C., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh word of mouth terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei pada mahasiswa pengguna kartu selular gsm “IM3” angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1-7.

Pajar, R. C. (2017). Pengaruh motivasi investasi di pasar modal pada mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita, 1(1), 1-16.

Rosmida & Wahyuni, E. S. (2017). Keberhasilan program “Yuk Nabung Saham” oleh Bursa Efek Indonesia dalam meningkatkan pennjualan instrumen pasar modal Indonesia. Inovbiz, 5, 151-157. Doi: 10.35314/inovbiz.v5i2.251.

Safitri, K. (2021). 3 Tips Menyikapi Maraknya Fenomena Influencer Saham. https://money.kompas.com/read/2021/01/11/144500126/3-tips-menyikapi-maraknya-fenomena-influencer-saham?page=all/

Samsul, M. (2006). Pasar modal dan manajemen portofolio. Jakarta: Erlangga.

Suryahadi, A. (2021). Ini Faktor Di Balik Fenomena Tumbuhnya Investor Pasar Modal Global. Diakses dari https://investasi.kontan.co.id/news/ini-faktor-di-balik-fenomena-tumbuhnya-investor-pasar-modal-global

Twinarutami, A. & Hermiati, T. (2013). Pengaruh electronic word of mouth (EWOM) terhadap kepercayaan merek pada media sosial di kalangan mahasiswi (Studi pada produk body lotion nivea). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Utami, Dhiany N. (2020). Wow, 70 Persen Investor Pasar Modal Indonesia Berusia Muda. https://market.bisnis.com/read/20201027/7/1310588/wow-70-persen-investor-pasar-modal-indonesia-berusia-muda

Uly, Y. A. (2020). Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia Masih Tertinggal dari Singapura dan Malaysia. https://money.kompas.com/read/2020/10/22/103000226/jumlah-investor-pasar-modal-indonesia-masih-tertinggal-dari-singapura-dan?page=all




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i1.7234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id